Kemenag Dan Polres Banjarnegara Gagas Aplikasi Sarsipol

Banjarnegara – Dunia teknologi semakin maju, kemajuan teknologi ini juga harus disikapi oleh pejabat pelayan publik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu pelayanan yang sedang digagas Polres Banjarnegara dan Kemenag adalah pelayanan kepada masyarakat berbasis Aplikasi Android.

“Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kami menggagas Aplikasi berbasis Android yang diberi nama Sarsipol. Singkatan dari Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online,” terang Budi Darmawan, Penggagas Aplikasi Sarsipol Dari Polres Banjarnegara, Selasa (6/4).

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa dalam aplikasi ini nantinya akan tersedia beberapa layanan pemerintah kepada masyarakat dengan satu aplikasi.

“Dalam satu aplikasi ini, nanti seluruh pelayanan di Polres Banjarnegara bisa diakses lewat aplikasi ini, seperti laporan berita kehilangan, ijin pengamanan dan lain sebagiannya. Saat ini dalam aplikasi ini sudah tersedia layanan dari Polres Banjarnegara, RSU Banjarnegara dan Ojek Online. Saya berharap nantinya pelayanan-pelayanan yang ada di Kementerian Agama bisa di masukan kedalam aplikasi ini,” tambahnya.

Sementera itu, Sumarna selaku Kasubag TU pada Kementerian Agama Kabupetan Banjarnegara menyambut baik ide dari Polres Banjarnegar untuk memasukan pelayan-pelayanan yang ada di Kemenag kedalam aplikasi Sarsipol ini.

“Ini ide yang sangat bagus, InsyaAllah dari Kemenag akan membuat daftar layanan-layanan untuk dimasukan kedalam aplikasi Sarsipol,” ungkap Sumarna di ruang kerjanya.

Ini sungguh ide yang luar bisa yang harus didukung, “Ini hampir sama seperti idenya Kemenpan RB yang menggagas Mall Pelayanan Publik. Bedanya kalau itu masih membutuhkan tempat kalau ini sudah menggunakan satu aplikasi,” tambanya.

Semoga kedepan aplikasi ini bisa dinikmati masyarakat Banjarnegara. Masyarakat Banjarnegara yang membutuhkan pelayanan publik dari berbagai instansi tanpa harus keluar rumah, cukup membuka aplikasi saja semua pelayanan sudah tersedia. (ak)