Kesibukan Guru MTs N 1 Banjarnegara Input RDM

Banjarnegara – Senin, (6/6/22) Para guru MTs N 1 Banjarnegara disibukkan dengan pengisian Rapor Digital Madrasah (RDM) kelas 7, dan 8 semester genap. Sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang diselenggarakan pada Sabtu, (4/6/22) para guru harus selesai menginput RDM pada 11 Juni 2022 mendatang.

Operator RDM MTsN 1 Banjarnegara, Jafar mengatakan, dari pantauannya beberapa hari terakhir ini wali kelas dan guru mata pelajaran disibukkan dengan pengolahan dan pengisian hasil belajar peserta didik pada aplikasi RDM.

“RDM ini Sebagai penyempurnaan aplikasi serupa sebelumnya yaitu Aplikasi Raport Digital (ARD) yang telah dikembangkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.” Ujar Jafar saat diwawancarai oleh warta Madtsansa.

Sementara Kepala MTs N 1 Banjarnegara, Eko Widodo berpesan, guru harus hati-hati dan teliti dalam melakukan pengisian RDM, jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan nilai.

“Apabila telah selesai melakukan pengisian nilai maka sebaiknya dilakukan pengecekan kembali atas apa yang telah diisikan. Cek kembali nilai yang telah diisi, jangan sampai siswa merasa dirugikan,” pesannya.

Disisi lain Novia selaku guru mapel IPA menjelaskan, pihaknya berusaha menyelesaikan pengisian RDM lebih awal setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kelas 7 yang telah terlaksana pada tanggal Kamis 3 Juni 2022 yang lalu.

“Jangan sampai tugas-tugas yang menjadi kewajiban guru menumpuk. Apalagi di bulan Juni ini siswa kelas 9 diperkirakan juga ada kegiatan wisuda, dengan demikian beban guru akan terurai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dari beberapa guru yang diwawancarai, pengisian RDM tidak ada masalah dan lebih mudah dipahami sehingga lebih cepat dalam mengisi nilai siswa.

“Format template nilai sudah disusun sesuai jenis kegiatan penilaian yaitu nilai pengetahuan dan keterampilan. Meliputi nilai harian, PAS/PAT, nilai portofolio, nilai proyek, nilai unjuk kerja,” ungkap Yaniari, salah satu guru MTsN 1 Banjarnegara. (ran/ak)

Bagikan :
Translate »