Ketua DWP Kemenag RI, Kemajuan Perempuan Adalah Faktor Penting Majunya Peradaban

Banjarnegara – Bertempat di Ruang Rapat Kemenag Banjarnegara, Angota DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara ikuti Webinar yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag Pusat dengan judul “Mengelola Pikiran dan Perasaan Positif Untuk Menjadi Perempuan”, (26/8). Turut hadir dalam kegiatan Webinar ini, DWP Kanwil Kemenag Provinsi, DWP Perguran Tinggi Keagamaan Negeri, DWP Kemenag Kabupaten/Kota DWP UPT Asrama Haji, DWP BDK, DWP KUA dan DWP Madrasah se-Indonesia.

Farikhah Nizar Ali, selaku Ketua DWP Kementerian Agama Pusat dalam sambutanya menyatakan bahwa tujuan dari Webinar ini adalah untuk membantu perempuan, khususnya Ibu-Ibu Dharma Wanita dalam mengelola pikirannya. “Perempuan harus pandai mengelola pikiran dan perasaan untuk bisa menjadi perempuan hebat. Dan yang terpenting juga adalah perempuan harus bisa mengenal dirinya sendiri,” ungkapnya

Sementara itu, Eny Yaqut Cholil Qoumas selaku penasehat DWP Kemenag RI dalam kesempatan kali ini menyatakan pentingnya ibu-ibu Dharma Wanita untuk meneladani RA Kartini dalam memajukan bangsa.

“Mengutip penyataan RA Kartini dalam kumpulan suratnya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, Sesungguhnya faktor penting untuk peradaban bangsa adalah adanya kemajuan perempuan. Oleh karena itu, kewajiban pemerintah yang pertama adalah meningkatkan kesadaran untuk mendidik dan menjadikan wanita sebagai ibu dan pendidik yang cakap dan cerdas,” terangnya.

Beliau menambahkan bahwa acara webinar ini sangat relevan sebagai salah satu upaya untuk menjadikan perempuan yang berdaya dan bahagia. Wanita sebagai figure central dalam pendidikan anak dan keluarga yang memiliki multi peran baik sebagai diri sendiri, ibu, istri yang menuntut menjadi leadership yangg lembut dan kuat. Beliau juga berharap DWP Kemenag mampu memberikan kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat dengan menjadi sosok wanita yang cerdas, berdaya dan bahagia.

Dalam kesempatan ini, Dr Aisyah Dahlan, selaku pemateri dalam Webinar ini menyampaikan pentingnya untuk mengenal organ-organ manusia seperti otak.

 “Otak ini termasuk orang terpenting mansuia, yang mana memilki beribu-ribu sambungan ilmu dan informasi untuk menjadikan kita memikirkan sesuatu menjadi sebuah referensi. Otak itu memiliki serambi sehingga ketika menerima informasi akan merekam dan mengolah sehingga menghasilkan perasan dan pikiran yang beragam sesuai informasinya,” ungkapnya

Beliau menambahkan bahwa penting juga untuk mengerti perbedaan otak perempuan dan laki. “Belahan otak kiri dan kanan yang dihubungkan oleh serat syaraf yang disebut Corpus Collosum dimana Corpus Collosum Perempuan lebih tebal di banding laki-laki, sehingga perempuan mampu mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak saling berhubungan dalam satu waktu sedangkan laki laki tidak mampu hanya dapat mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu karena otak laki-laki dibuat untuk pekerjaan khusus,” jelasnya

Dengan mengetahui perbedaan antara laki laki dan perempuan yang dianugerahkan Allah SWT maka akan timbul rasa saling memahami satu sama lain terutama dalam kehidupan berumahtangga sehingga laki-laki maupun perempuan akan menjalani kehidupan rumahtangga dan bermasyarakat dengan tenang dan damai.

Dengan kepandaian mengelola pikiran dan perasaan, pada akhirnya perempuan akan mampu membangun bangsa yang bermartabat. (hmsdwp/kh)