KPM Unsiq Wonosobo Gandeng Kemenag Pada Kegiatan Pelatihan Pulasaran

Banjarnegara – Mahasiswa dalam masa perkuliahan terdapat mata kuliah pengabdian masyarakat dengan berbagai bentuk, dengan harapan dari segi manfaat untuk mahasiswa juga bagi masyarakat tempat dilaksanakan pengabdian tersebut.

Teruntuk UNSIQ Wonosobo, kegiatan tersebut bernama Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang salah satunya berada di Kecamatan Susukan.  Dalam salah satu program kegiatan, Mahasiswa KPM Unsiq Wonosobo bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara berupa Pelatihan Pulasaran Jenazah bagi masyarakat desa Kedawung, Senin, (3/2), di  Aula Balai Desa Kedawung

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Kedawung Joko Purwono, dengan narasumber  Kepala KUA Kecamatan Susukan, Yusuf Andi Yulianto (Penyuluh PNS) dibantu para penyuluh Non PNS kecamatan Susukan dan undanagn 40 peserta masyarakat.

 Tujuan diadakan kegiatan ini, agar masyarakat mampu merawat jenazah secara hukum syar’i dan mandiri.  Terutama ketika petugas desa/Kayim berhalangan karena sakit atau sedang bepergian ke luar  Dalam sambutannya menyampaikan harapan dengan adanya pelatihan pulasaran jenazah ini ketika ada yang meninggal mayit dapat segera dirawat dan tidak terbengkalai.

“Terlebih ketika kayim desa sedang berhalangan, ini yang dirasa miris jika terjadi hal demikian,” kata Joko.

Narasumber Yusuf Andi Yulianto menyampaikan paparan pulasaran jenazah secara hukum syar’i mulai dari ketika sakaratul maut, sesudah meninggal dunia, memandikan, mengkafani mayit, mensalatkan mayit dan sampai menguburkan mayit dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang mudah diterima dan difahami.

Dengan praktik memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan jenazah berupa boneka peraga dari Penyelenggara Syari’ah Kankemenag Kabupaten. Praktik memandikan sampai dengan menguburkan jenazah dibantu oleh Penyuluh Agama Islam Non PNS kecamatan Susukan.

Afif Sarianto selaku kepala KUA kec. Susukan mengapresiasi kegiatan ini, sebagai hasil dari koordinasi Mahasiswa KPM Unsiq dengan KUA kecamatan Susukan.

“Karena dengan pelatihan semacam inilah yang sesungguhnya sangat diperlukan oleh masyarakat dan lebih mengenai sasaran dalam kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat yang sedang dilaksanakan oleh para mahasiswa Unsiq Wonosobo Jawa Tengah di wilayah kecamatan Susukan,” ungkapnya

Pelatihan pemulasara jenazah,  diikuti peserta dengan antusias terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya dan memperhatikan proses perawatan jenazah dari mulai memandikan sampai dengan menguburkan, bahkan ada peserta yang langsung mencoba sendiri ikut mempraktikannya.

Iqbal Maulana selaku ketua Panitia Kegiatan Dan Kordinator Desa (KORDES) KPM Unsiq di desa Kedawung  sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan pelatihan pulasaran jenazah. Juga berharap kegiatan semacam ini terus berkelanjutan. (Yusuf/Nangim)