Latih Kepemimpinan Siswa, Kelas 3b Mimau Bentuk Struktur Organisasi kelas

Banjarnegara –  Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023, tentu seluruh kelas di sekolah / madrasah mulai membentuk struktur organisasi kelasnya. Pembentukan struktur organisasi kelas berfungsi untuk membagi peran dan melatih sikap kepemimpinan para siswa.

Siswa bisa lebih memahami tanggung jawab apa saja yang sebenarnya dan diperlukan untuk menjalankan sistem kelas sebagai suatu kelompok kecil.

Secara umum, struktur organisasi kelas ada 4, yaitu : Ketua Kelas, Wakil Ketua Kelas, Sekretaris, Bendahara. Tentunya dengan masing-masing tugas yang berbeda.

Di hari kedua Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) seluruh kelas I sampai kelas VI MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) melaksanakan pembentukan struktur organisasi kelas masing-masing. Begitupun kelas 3B Sehati juga melaksanakan pembentukan pengurus/struktur organisasi kelas.  (19/7)

Wahyul khomisah selaku kepala madrasah menyampaikan ucapan selamat datang kepada siswa kelas 3B dan menyampaikan pesan kepada Nuri dalam kunjungannya di kelas 3B tentang kegiatan hari kedua Matsama yaitu salah satunya pembentukan pengurus kelas.

“Selamat datang kepada ananda semua dikelas 3B, semoga dikelas baru ini prestasinya semakin meningkat, dan kami percayakan kepada bu Nuri selaku wali kelas 3B, untuk menjalankan tugas nya dan mengatur jalannya kegiatan Matsama hari kedua ini, antara lain penyampaian tata tertib, pembentukan pengurus kelas, dan lain-lain” ujar wahyul.

Setelah itu dipimpin Nuri bersama siswa siswi kelas 3B dilakukanlah voting atau pemilihan suara terbanyak untuk pilihan pengurus kelas tersebut. Struktur yang terbentuk dengan Ketua Kelas ananda Arwa, Wakil Ketua Kelasnya ananda Khayla, kemudian Sekretaris ananda Zahra. Selanjutnya bendahara ananda Adhelani. Mereka dijabarkan tugasnya membantu kelas dengan peran dan tanggungjawab masing – masing. Dengan dibentuknya struktur organisasi, maka akan terlatih dalam jiwa kepemimpinan, KBM berjalan kondusif, teratur, berjalan lancar dan efektif. Selain itu memudahkan dalam komunikasi.

“Semoga yang sudah terpilih menjadi pengurus kelas, dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya. Kami ucapkan selamat kepada semua pengurus kelas,”. Pesan Kuri. (nf/wk)

Bagikan :
Translate »