M. Basri : Lebaran 1443 H Menjadi Momentum Bangkitnya Silaturahmi

Banjarnegara – Lebaran 1443 H kembali seperti dulu, di mana orang-orang banyak yang mudik dan bersilaturahmi dengan saudara. Hal ini ditandai dengan macetnya jalan raya dikarenakan banyaknya kendaraan yang melintas untuk mudik ke kampung halamannya. Demikian pula guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Bawang mengadakan halal bihalal ke rumah komite madrasah. Halal bihalal ini diadakan pada hari Senin (9/5) di rumah M. Basri, selaku Komite Madrasah.

“Lebaran 1443 H menjadi momentum bangkitnya silaturahmi”, ungkap M. Basri. Silaturahmi atau silaturahmi merupakan sebuah kata yang sudah sering digunakan. Berasal dari dua kata, yaitu silah yang artinya tali atau hubungan dan rahim yang artinya kasih sayang. Dari dua kata itu, silaturahmi sering diartikan sebagai menyambung tali kasih sayang atau tali persaudaraan.

Dalam sebuah hadis dari Al Ayyub Al Anshary bahwa Rasulullah pernah suatu kali ditanya oleh seorang laki-laki, ”Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku suatu perkara yang bisa mengantarkanku ke surga!” Rasulullah menjawab, ”Menyembah Allah tanpa mempersekutukan-Nya dengan sesuatu, mendirikan Shalat, mengeluarkan zakat, dan bersilaturahmi”.

“Hari ini kami berkunjung ke rumah bapak dengan tujuan bersilaturahmi serta mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada bapak, barangkali kami lalai dalam menjalankan tugas, tidak memberikan yang terbaik, mohon maaf yang sebesar-besarnya,”  ucap Fuad Latif dengan lirih.

Halal bihalal ini berjalan dengan khidmat yang bertujuan untuk menyambung ikatan atau mempererat tali silaturahim antar guru, karyawan, dan komite madrasah. (sk)

Bagikan :
Translate »