MAN 2 Banjarnegara Menerima 525 Peserta Didik Baru

Banjarnegara – Kepala MAN 2 Banjarnegara, Imam Sayoga merasa bersyukur Alhmadulillah MAN 2 Banjarnegara tetap dipercaya masyarakat, bahkan untuk tingkat sekolah umum dan madrasah aliyah, MAN 2 Banjarnegara termasuk yang terbesar peserta didiknya, pada tahun pelajaran 2019/2020 ini MAN 2 Banjarnegara menerima 525 peserta didik baru. “Semoga kuantitas selalu beriringan dengan kualitas,” ucapnyanya.

“Hal ini terus dibuktikan dengan perolehan juara dari berbagai bidang kejuaraan akademik mapun non akademik, sehingga motto MAN 2 Banjarnegara sebagai madrasahnya para juara, tidak hanya sekedar motto tetapi telah menginspirasi dan terbukti”, ungkapnya.

Ada tiga jalur Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 MAN 2 Banjarnegara yang telah dilaksanakan yaitu Jalur Prestasi (prestasi akademik dan prestasi non akademik), Jalur Minat dan Jalur Reguler, diungkapkan Sidik Wibowo, selaku Ketua PPDB.

Jalur Prestasi Akademik yang merupakan program beasiswa tiga tahun di MAN 2 menjadi incaran peserta didik SMP /MTs dari berbagai daerah di Banjarnegara. Jalur ini mensyaratkan nilai raport minimal rata rata 85 yang bisa lolos administrasi dan selanjutnya mengikuti tes tertulis. Para peserta didik yang diterima Jalur prestasi akademik kebanyakan merupakan rangking paralel di sekolahnya masing masing. Dari 79 yang mengikuti, yang lolos sebanyak 9 siswa.

Sekolah yang ambil bagian dalam seleksi prestasi akademik ini berasal dari sekolah/madrasah unggulan di Banjarnegara dan juga peserta didik dari MTs /SMP yang berasal dari kabupaten Wonosobo, Banyumas dan Purbalingga. “Kategori prestasi dilihat dari sertifikat yang mereka dapatkan selama di MTs/SMP yang menggambarkan talenta-talenta yang mereka miliki,” ungkapnya.

Jadi yang diterima jalur ini tergantung seberapa banyak calon siswa yang potensial yang nilai tesnya di atas standar minimal. Kuota jumlah siswa baru yang diterima 525 peserta didik.  Pengumuman Hasil seleksi telah dikirim ke SMP dan MTs yang bersangkutan serta melalui website dan papan pengumuman d MAN2, jelas Bowo.

Pada jalur prestasi non akademik, diseleksi dari sertifikat kejuaraan yang dimiliki dan selanjutnya tes praktik kompetensi. Dari peserta yang daftar 58 siswa SMP/MTs diterima dengan perincian 38 siswa (tahfid Qur’antara), 15 siswa (sepak bola), 10 siswa (bola voli)  sisanya atlit silat,dan basket serta atletik.

Seleksi Jalur yang kedua adalah Jalur Minat, diambil dari calon peserta didik baru yang benar benar berminat masuk MAN 2 dan memiliki nilai mapel UN rata rata di atas 7,5. Dan yang lolos masuk jalur minat sebanyak 407 siswa. Sedangkan jalur yang ketiga/Jalur Reguler diterima sejumlah 68 siswa.  Mengenai penerimaan siswa disabilitas, Sidik mengatakan, untuk disabilitas pada fisik bukan mental. “Kalau fisiknya ada kekurangan, maka kami menerimanya,” katanya.  (bowo/Mnh)