MIC 2 Badamita Dapat Giliran Visitasi Ptm Dari Satgas Covid

Banjarnegara – MI Cikroaminoto 02 Badamita mendapat giliran visitasi persiapan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dari Satgas Covid Kecamatan Rakit, Senin (5/4/2021). Kegiatan visitasi dan verifikasi tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan kolektif empat MI minggu lalu yang dihadiri oleh Pengawas, Ketua K3M, Kepala Puskesmas, Polsek, Danramil, Camat dan Kepala Desa.

Umi Khayatun selaku Kepala Madrasah menjelaskan, maksud dan tujuan dilakukannya visitasi ini adalah melakukan pengecekan kelengkapan administrasi maupun kesiapan fisik sesuai ceklis yang diminta oleh tim Satgas Covid.

Tim Satgas Covid melakukan pengecekan berkas administrasi dan pendukung lainnya sebelum melakukan pengecekan ke seluruh ruang atau kelas yang ada di Madrasah.

Saat melakukan pengecekan ke lapangan satu per satu mulai dari ruang kelas 1 yang terletak di samping kantor Kamad dilanjutkan ke ruang dan kelas lain yang ada di gedung Madrasah yang terpisah, kepala Puskesmas Rakit 2 yang diwakili oleh Widiastuti menyampaikan bahwa kelengkapan protokol kesehatan wajib terpenuhi demi kelancaran pembelajaran tatap muka. “Pembelajaran tatap muka di sekolah hanya diperbolehkan pada saat sudah memenuhi ceklis yang tertera, seperti ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kebersihan dan kesehatan,” ungkapnya

“Selain itu petugas kesehatan wajib mendata semua warga sekolah termasuk guru dan murid beserta alamatnya masing-masing dan mendata siapa saja yang memiliki riwayat komorbiditas atau penyakit penyerta,” imbuhnya.

Selanjutnya untuk kelengkapan ruang UKS juga harus diperhatikan, termasuk ketersedian obat-obatan yang dibutuhkan dan juga tersedianya termogan di ruangan.

Camat Rakit, Barijadi Djumpaido dalam sambutannya menambahkan beberapa poin penting dalam pembelajaran tatap muka yang akan dijalani. “Tatap muka dalam masa pandemi merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan terutama pada kesiapan mental guru dan siswa, penerapan prokes di madrasah dan di rumah, pola hidup bersih dan sehat, pemantauan siswa dan apabila ada masalah kesehatan cepat tertangani,” tuturnya.

Kepala Madrasah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran tim Satgas dalam kegiatan tindak lanjut visitasi dan berharap selanjutnya madrasah mendapat rekomendasi dari Satgas Kecamatan dan Satgas Kabupaten atau Kemenag. (Swy/ak)