Baksos PAIF Pagedongan

PAIF dan FKPAI Pagedongan Gelar Baksos Penyembelihan Hewan Kurban

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) bersama Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Pagedongan menggelar Baksos Penyembelihan Hewan Kurban, Rabu (21/7/2021).

Anugrah Windu, PAIF Kecamatan Pagedongan menyampaikan kegiatan bakti sosial (Baksos) dipusatkan di Dusun Songgom, Desa Twelagiri, Kecamatan Pagedongan, momentum baksos selenggarakan bertepatan dengan hari tasyrik pertama tanggal 11 Dzulhijah 1442 H sebagai bentuk syiar dan kepedulian sosial Penyuluh Agama Islam terhadap masyarakat wilayah binaan di masa PPKM Darurat dan dalam rangka sosialisasi Surat Edaran  Menteri Agama  RI No 17/2021, tentang Ketentuan pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Penyembelihan kurban.

“Baksos kali ini bertepatan dengan pemberlakuan PPKM Darurat di masa pandemi, ini sebagai wujud kepedulian dan dakwah bil hal penyuluh Agama Islam sekaligus sosialisasi SE Menag RI no 17/2021,” terangnya.

Masih menurut Anugrah Windu, Baksos kali ini dipusatkan di Desa Twelagiri sesuai dengan kur’ah dari 8 penyuluh yang dikumpulkan dalam setahun ini dengan target minimal 2 Orang Penyuluh Sebagai Penerima Kur’ah Kurban dan kebetulan penerima undian kurban pertama kali jatuh pada 2 penyuluh yang berasal dari Desa Twelagiri dan mempunyai wilayah binaan Desa Twelagiri yaitu Penyuluh Agama Islam Non PNS (PAINO), Dwi Agiyanti Puji Retnani dan Nuryanto dengan desa Binaan Kebutuhduwur.

Kegiatan dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB dihadiri Kepala KUA Pagedongan, PAIF dan 8 PAINO Periode 2019-2024, Panitia penyembelihan hewan kurban Dusun Songgom Desa Twelagiri,  serta masyarakat sekitar tempat bakti sosial.

Mukhijab, Kepala Kua Pagedongan selaku penanggungjawab kegiatan sekaligus atasan langsung  Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Pagedongan  menghimbau bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban  harus tetap  menerapkan protokol kesehatan dan sesuai dengan aturan  PPKM Darurat. “Baksos kali ini dilaksanakan berbarengan dengan pemberlakuan PPKM darurat, maka laksanakan kegiatan harus sesuai aturan yang berlaku serta pastikan penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mukhijab berharap di tahun tahun selanjutnya dapat mekasanakan baksos seperti ini lagi dan lebih merata ke desa binaaan lainya diseluruh Kecamatan Pagedongan dan seluruh PAINO bisa hadir dalam kegiatan selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut PAINO Kecamatan Pagedongan menyerahkan 2 ekor kambing kurban kepada panitia penyembelihan hewan kurban Dusun Songgom Desa Twelagiri yang di terima langsung oleh ketua panitia.

Jarkasi, ketua panitia penyembelihan hewan kurban, mengapresiasi kegiatan PAIF dan FKPAI Kec. Pagedongan dan mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas kedulian penyuluh terhadap warga binaan.

“Hari ini mewakili masyarakat Songgom kami sampaikan terima kasih atas kepercayaannya memusatkan kegiatan di tempat kami, pada saatnya nanti daging kurban akan kami distribusikan distribusikan ke 100 kk yang ada diwilayah Songgom Desa Twelagiri,” Terangnya.

Acara baksos berjalan dengan lancar dan  selesai pukul 13.00, dan ditutup dengan pendistribusian daging kurban oleh panitia kurban ke semua kepala keluarga Dusun Songgom Twelagiri. (aws/ak)