Panitia MI Al Fatah Siap Sukseskan PAT Dengan Sistem Sesi

Banjarnegara – Berdasarkan Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bahwa Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian raport.

PAT MI Al Fatah Parakancanggah akan dilaksanakan secara tatap muka mulai tanggal 7 – 15 Juni 2021 dengan sistem Sesi. Untuk mensukseskan kelancaran dan menjaga kesehatan peserta didik maka panitia perlu persiapan yang matang, apalagi dengan jumlah siswa yang tidak sedikit tentu betul-betul butuh kerja keras dan kerjasama yang baik dengan semua komponen madrasah.

Agus ketua panitia menyampaikan bahwa PAT di MI Al Fatah akan dilaksanakan dengan sistem sesi dan sudah kami siapkan jadwal perjenjang, sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 09.45 Wib untuk kelas bawah dan sesi kedua dimulai pukul 10.00 – 12.15 Wib untuk kelas atas.

“Untuk mensukseskan tentu panitia akan bekerjasama dengan tim satgas gugus covid-19 MI AL Fatah,” ucapnya.

Selain persiapan perlengkapan prokes juga panitia menyiapkan administrasi, tempat duduk, dan pengayaan atau pendalaman materi PAT terhadap peserta didik oleh guru pengampunya masing-masing seperti dijelaskan Umar selaku wali kelas sekaligus panitia PAT.

Untuk administrasi seperti kartu tes, tata tertib, daftar hadir dan lainnya serta naskah soal sudah kami siapkan beberapa hari sebelum pelaksanaan PAT. “Naskah soal sudah kami petakan sesuai jumlah peserta sesuai jenjang dan ruang tes,” imbuhnya.

Durotun Nafisah, kepala madrasah berharap PAT dapat dilaksanakan dengan tertib, lancar, dan objektif. karena itu selalu ditekankan pada siswa untuk mengutamakan kejujuran sebab sebagus apapun nilai jika tidak jujur tidak ada keberkahan di dalamnya.

“Dan yang terpenting panitia tetap prioritaskan kesehatan peserta didik sesuai standar prokes dengan sistem sesi untuk menghindari kerumunan,” tandasnya. (nasd/mnh)