Pembinaan Guru dan Karyawan MTs N 2 Banjarnegara: Madrasah Jangan Habis Bagaikan Sebuah Cerita

Banjarnegara. Pembinaan guru dan karyawan sebuah upaya meningkatkan kinerja yang maksimal terutama di madrasah.

Pembinaan guru dan karyawan diberikan langsung oleh Karsono selaku Kepala Kemenag Kabupaten Banjarnegara, 1 April 2022 bersamaan dengan pelepasan purna tugas kepala Tata Usaha MTs N 2 Banjarnegara.

Diikuti 60 guru dan karyawan kegiatan tersebut berlangsung. Selama kegiatan pembinaan semua guru mendengarkan dengan saksama

Bertempat di Aula MTs N 2 Banjarnegara Kakemenag memberikan pembinaan. Pesannya jangan sampai madrasah habis bagaikan sebuah cerita.

Hanya nama besar yang berkumandang tanpa adanya eksistensi keberadaan yang berkelanjutan di masa yang akan datang. Cerita harus dengan ending yang memukau dan memesona. Artinya berkesan baik.

“Madrasah jangan habis seperti dalam sebuah cerita. Madrasah harus bisa bertahan dan mengembangkan diri untuk bisa melayani masyarakat sepanjang waktu,” ungkapnya.

Keprihatinannya beralasan di tengah lesunya semangat guru dan karyawan dalam sebuah madrasah apabila tidak bisa berjuang mempertahankan keberadaannya.

Beliau juga memberi trik jitu bahwa kerja sama dan kekompakan dalam sebuah instansi harus terbina. Hal ini tergantung dari komando atasan yang harusnya tidak pernah putus memberikan amunisi semangat dalam berbagai kegiatan di madrasah.

“Suasana saling memiliki madrasah adalah modal utama dalam sebuah tim. Ini harus tercipta apabila guru dan karyawan mengemban tugas dengan ikhlas sesuai motto Kemenag “ Ikhlas Beramal,” jelasnya dalam rangkaian pembinaan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ratna Ayu selaku kepala Madrasah. MTs N 2 Banjarnegara sudah menyandang predikat Madrasah berprestasi, maka jangan kendor tingkatkan terus prestasi ini. Kobarkan semangat untuk selalu meraih yang terbaik.

“Alhamdulillah MTs N 2 Banjarnegara sudah mendapat gelar madrasah berprestasi. Bapk dan Ibu guru harus bangga dengan predikat ini. Untuk itu Ayuk kita bersama bersatu mempertahankan dengan terus berkarya membimbing anak didik untuk berprestasi,” jelasnya dengan penuh semangat.

Pembinaan kali ini bersama dengan pelepasan purna tugas kepala Tata Usaha MTs N 2 Banjarnegara, Nur Sahid tepat 1 April 2022.

Sosok Nur Sahid bisa menjadi teladan untuk para guru dan karyawan dalam hal pelayanannya kepada masyarakat. Kiprahnya yang sudah malang melintang di pelbagai bidang membuat ia tahan akan segala perubahan yang dihadapi.

“ Harmoni madrasah harus tercipta agar keselarasan antara kinerja, kekeluargaan dan prestasi sejalan dengan tujuan madrasah,” ungkap Karsono mengakhiri pembinaannya. (dw)

Bagikan :
Translate »