Banjarnegara – Kewajiban umat muslim salah satunya adalah salat. Salat merupakan rukun Islam yang ke 2. Kewajiban salat ini tentu saja meliputi salat 5 waktu yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya. Bahkan jika ada halangan sehingga tidak bisa melakukan salah satu salat tersebut wajib mengganti di lain waktu. Salat ini sangat dianjurkan dilakukan dengan khusyuk.
Menurut Fatikhan, siswa kelas 8G MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk bisa salah dengan khusyuk ada caranya. Fatikhan membagikan cara salat dengan khusyuk ini di masjid Darul Ulum pada Rabu (13/4). Berikut cara salat yang khusyuk yang dibeberkan Fatikhan.
Pertama, wudulah dengan benar. Ada anggota tubuh yang wajib dibasuh ketika wudu yaitu wajah, kedua tangan sampai siku, membasuh sebagian kepala, dan kedua kaki sampai mata kaki.
“Jika kita bersudu maka harus benar. Membasuh wajah jangan hanya sampai pipi saja tapi sampai depan telinga. Basuhlah tangan sampai pada siku dan jangan hanya sampai pada tengah lengan tangan saja, itu wudunya tidak sah. Selanjutnya kaki, basuhlah kaki hingga mata kaki juga basuhlah sela-sela jari kaki juga.” jelas Fatikhan.
Kedua, niatlah salat dengan benar. Untuk bisa niat salat dengan benar maka persiapkan diri dalam keadaan tenang dan siap. Ketika sedang dalam keadaan gugup, niat salat akan terganggu. Tarik napas terlebih dahulu kemudian baru ucapkan niat. Niat yang benar tidak hanya dilafalkan saja, melainkan hatinya juga harus ikut niat.
Untuk bisa mencapai salat yang khusyuk tidak mudah. Sering ketika salat seseorang akan teringat hal yang lain meskipun sudah diniati dengan benar. Oleh sebab itu perlu berlatih salat dengan khusyuk.
“Salat khusyuk tidak hanya untuk orang tua saja. Kita sebagai kaum muda juga harus bisa berlatih salat dengan khusyuk. Jika tidak dimulai sejak dini, mau kapan lagi?” lanjut Fatikhan.
Di akhir kultumya, Fatikhan mengajak seluruh audience untuk bershalawat bersama. Fatikhan membawakan shalawat badar yang sudah banyak dihafal oleh banyak orang. Masjid Darul Ulumpun menggema dengan lantunan shalawat. (RIN/ak)