Persiapan Ujian, MTsN 3 Banjarnegara Adakan Training Motivasi Berprestasi

Banjarnegara – Sebanyak 239 siswa kelas IX MTs Negeri 3 Banjarnegara tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti kegiatan “Training Motivasi Berprestasi” yang di selenggarakan hari Sabtu dan Minggu tanggal 1-2 Maret 2019 dan mengambil tempat sekitar masjid madrasah yaitu Masjid Al-Ikhlas.

Kegiatan yang dibuka Kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara H. Yatiman, menyampaikan bahwa kegiatan ini penting bagi peserta didik yang akan mengikuti beberapa macam ujian, seperti  UAMBN BK, UMBN BK, UNBK dan  UM. 

Bagian penting dari kegiatan adalah Taqarub (mendekatkan) diri kepada Alloh SWT sebelum ujian terlaksana,” Diharapkan peserta didik hatinya akan tenang, pikirannya jernih sehingga ketika menghadapi soal ujian dapat mengerjakan dengan benar dan pada akhirnya akan mendapatkan nilai optimal,” tuturnya.

Disamping itu pemberikan motivasi, peserta didik dibimbing dengan mujahadah/istighosah, membaca Alquran, mengerjakan sholat malam, dan juga melakukan beberapa wirid. “Menurut guru pembimbing Mitro Aji Widiyantoro kegiatan wirid ini efektif dilakukan oleh peserta didik terutama setelah habis sholat dengan teks yang sudah di siapkan oleh madrasah,”ungkap Yatiman.

Kegiatan motivasi keagamaan bagi peserta didik kelas IX ini juga rutin dilakukan setiap hari Jumat sebelum jam pelajaran bertempat di masjid madrasah berupa mujahadah/istighosah. “Selain prestasi di dunia yang diharapkan bisa diraih, peserta didik yang bisa mendapatkan berkah kegiatan agama bagi dirinya, orang tua dan lingkungan”, pungkasnya. (Nangim)