Pilketos, Ajang Demokrasi MTs N 1 Banjarnegara

MTs N 1 Banjarnegara (19/01) dilaksanakanlah Pesta demokrasi Pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIM periode 2019, kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan oleh Kepala Madrasah Moh Zaenal selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama siswa panitia pilketos dan guru karyawan MTs N 1 Banjarnegara, dilanjutkan sambutan oleh Zia ketua OSIM periode sebelumnya, kemudian diakhiri dengan doa oleh Ikhsanudin.

Acara pemilihan ini diadakan di halaman Madrasah secara rutin tiap tahun dengan tujuan untuk pembelajaran siswa tentang Demokrasi memilih ketua dan wakil OSIM yang baru menggantikan ketua OSIM periode sebelumnya, pada pilketos kali ini di ikuti oleh tiga paslon, nama paslon No 1 yaitu Anisa dan Dewi, Paslon no 2 Safrinka dan Satria, Paslon No 3 Falah dan Veri.

Pilketos berjalan dengan lancar, jumlah pemilih tetap dari siswa sejumlah 718 dan dari guru dan karyawan sejumlah 51 pemilih, pencontrengan diawali oleh kepala madrasah, dewan guru dan karyawan, kemudian diikuti siswa dengan cara dipanggil satu persatu urut dari kelas IX A sampai VII H. Hal ini bertujuan untuk menghindari golput, kecuali memang mereka tidak masuk sekolah. Ketika pemilihan berlangsung siswa dapat menampilkan bakatnya dalam bernyanyi, karena panitia menyiapkan panggung untuk berkaroke.

Untuk memilih paslon, pemilih diharuskan mencontreng gambar atau nomor urut paslon tersebut yang terdapat pada kartu suara. Selanjutnya, kartu suara dimasukkan ke dalam kotak suara yang kokoh meski hanya terbuat dari kardus. Siswa yang telah memilih wajib mencelupkan salah satu jarinya ke dalam tinta sebagai tanda bukti telah menggunakan hak pilihnya.

Dengan disaksikan seluruh warga madrasah, penghitungan suara langsung dilaksanakan setelah pilketos selesai. Dari hasil penghitungan tersebut, akhirnya diketahui bahwa Safrinka-Satria sebagai ketua dan wakil ketua OSIM terpilih. Selamat untuk mereka berdua, semoga amanah dalam melaksanakan tugas. Aamiin. (Ardian)