Rayakan Maulid Nabi, MAN 2 Banjarnegara Gelar Khataman 30 Juz Al-Quran

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menggelar Khataman 30 Juz Al-Quran yang diikuti oleh segenap keluarga besar madrasah mulai dari guru, pegawai tata usaha hingga peserta didik secara serentak pukul 08.00 WIB di ruangan masing-masing, (21/10).

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh peserta didik yang sedang di rumah karena terjadwal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam sambutannya, Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu cara terbaik madrasah merayakan kelahiran Nabi Muhammad saw.

“Ada beragam cara merayakan kelahiran Baginda Nabi Muhammad Saw, salah satunya dengan Khataman Al-Quran secara bersama-sama seperti ini. Kita yang membaca dan mendengarkan akan mendapatkan pahala dan tentunya ketenangan hati. Semoga melalui momentum ini juga, kita semua bisa meneladani Rasulullah salah satunya dengan selalu membaca, mendengarkan, dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Khataman Al-Qur’an 30 Juz yang di laksanakan di ruang kelas tersebut dibagi ke dalam 30 kelas yang kebetulan sedang terjadwal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dari kelas X, XI, dan XII dari berbagai jurusan baik IPA, IPS, maupun Agama dengan rincian masing-masing kelas mendapat tugas membaca satu Juz. Sedangkan peserta didik yang kelasnya terjadwal PJJ mendapatkan tugas membaca Juz 1 sampai 10 dengan rincian yang sama, yaitu masing-masing kelas 1 Juz. Untuk guru maupun pegawai tata usaha bertugas membaca Juz 30 di ruangan masing-masing.

Kegiatan Khataman selesai sekitar pukul 09.00 WIB dan membawa kesan yang baik bagi peserta didik. Fani Fajriyah, salah satu peserta didik kelas XI MIPA 2 mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi peserta Khataman Al-Qur’an. “Alhamdulillah sangat merasa bersyukur dan senang sekali bisa ikut agenda ini. Merupakan sebuah pengalaman berharga bagi saya, semoga madrasah bisa sering-sering mengadakan kegiatan seperti Khataman Al-Qur’an ini,” pungkasnya. (ta/ak)