Sambut Ramadhan, Guru dan Karyawan MTs Muh Kecepit Lakukan Kerja Bakti

Banjarnegara-Kedatangan bulan suci ramadhan 1442 H tinggal menghitung hari. Berbagai macam kegiatan dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh keberkahan tersebut. Salah satunya yaitu para guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Kecepit yang bergotong royong melakukan kerja bakti di lingkungan madrasah, Sabtu (10/4).

Kegiatan tersebut dilakukan dari pukul 07.30 hingga pukul 10.00 WIB. Selain aksi bersih-bersih, guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Kecepit juga menanam tanaman hias daun aglonema dan menyemprotkan disinfektan. Hal ini dilakukan sebagai gerakan penghijauan di lingkungan madrasah agar tetap asri dan membasmi kuman serta menetralisir dari penyebaran virus Covid-19 di lingkungan madrasah.

Tampak kompak, guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Kecepit terlihat semangat dalam melakukan kerja bakti. Untuk mendukung kegiatan kerja bakti guru beserta karyawan menggunakan berbagai macam peralatan yang memadai, diantaranya mesin semprot elektrik, sapu, cangkul, kain lap kaca dan peralatan lainnya untuk membersihkan lingkungan madrasah. Adapun lingkungan yang menjadi sasaran kerja bakti lebih menekankan pada masjid sebagai tempat ibadah untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Ifa selaku Waka Kurikulum mengatakan, kegiatan bersih masjid menjadi salah satu perwujudan untuk menyongsong bulan suci Ramadhan. Keberadaan masjid sebagai fungsi utama perlu dipersiapkan dengan baik keberadaannya. Mulai dari perbaikan fasilitias, hingga pembersihan kamar mandi atau sekedar membersihkan srawang yang terdapat di pojok atau atap plavon dinding.

“Selama bulan puasa masjid akan menjadi tempat ibadah para guru dan siswa. Para guru biasanya akan melakukan berbagai macam kegiatan untuk diajarkan kepada siswa dalam memperdalam pengetahuan agama Islam”, ucapnya.

Sementara itu, Anjar selaku Sarpras menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk mempererat persaudaraan para guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Kecepit agar tetap solid. Selain itu, kegiatan kerja bakti juga akan menambah keindahan madrasah.

Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini, dikatakan Anjar sebagai upaya untuk mengingatkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, kebersihan madrsah ini merupakan tanggung jawab bersama untuk selalu dijaga. (scd/mnh)