Banjarnegara – Para siswa kelas IV a MIN 4 Banjarnegara lakukan pembelajaran asyik di luar kelas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi bagian-bagian tumbuhan. 21/9/22 Pembelajaran di luar kelas ini diikuti oleh sebagian siswa kelas IV a karena sebagian siswa yang lain tengah mengikuti kegiatan di kelas tahfidz. Adapun tempat pembelajaran ini dilakukan di belakang gedung MIN 4 Banjarnegara yang terjangkau oleh siswa.
Tujuan pembelajaran di luar kelas ini adalah agar siswa dapat mengidentifikasi secara langsung bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya sebagaimana yang tertuang dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), sebab siswa langsung mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar, dengan demikian dapat memberikan pengetahuan baru yang lebih konkret. Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Asih, selaku wali kelas IV a, bahwa “tujuan pembelajaran ini adalah agar siswa dapat memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya melalui pengalaman langsung di lapangan, sehingga apa yang dipelajari dapat lebih membekas di memori mereka,” jelasnya.
Prosedur pembelajaran diawali dengan penjelasan guru kelas tentang materi tersebut di dalam kelas, selanjutnya siswa dibawa keluar kelas untuk mengamati langsung struktur bagian-bagian tumbuhan. Siswa mengamati setiap bagian yang diinstruksikan oleh guru kelas, dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan., setelah itu siswa membuat laporan hasil pengamatan.
Para siswa terlihat lebih antusias dan asyik dalam mengikuti materi ini melalui pengalaman langsung di lapangan dibandingkan dengan penjelasan materi yang hanya dilakukan dengan metode ceramah atau metode-metode konvensional lainnya. Kasno, sebagai Kepala Madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau berharap, “Output yang dihasilkan dari kegiatan pembelajaran di luar kelas ini dapat dirasakan manfaatnya, baik oleh guru kelas maupun para siswa, dan semoga bisa diikuti oleh guru-guru yang lain, “ungkapnya.
Meskipun tidak mudah membangun semangat dan motivasi belajar siswa, namun seorang guru harus selalu aktif dan kreatif mencari metode maupun media pembelajaran yang mengasyikkan bagi semuanya. Guru kreatif akan menciptakan siswa-siswi yang semangat dan asyik dalam belajar, sehingga dunia pendidikan di Indonesia dapat lebih maju. Man jadda wajada.(as)