Sosialisasikan Germas Kepada Siswa Siswi, MTs Cokroaminoto Madukara Gandeng Puskesmas Madukara 2

Banjarnegara – Kamis 10 November 2022, MTs Cokroaminoto Madukara bekerjasama dengan Puskesmas Madukara 2 mengadakan kegiatan sosialisasi GERMAS (Gerakan Kesehatan masyarakat) dengan edukasi gizi seimbang, bertempat di aula madrasah (10/11). Kegiatan ini di ikuti oleh 144 siswa siswi MTs Cokroaminoto Madukara beserta dewan guru.

Berkesempatan hadir sebagai narasumber yaitu tenaga kesehatan dari Puskesmas Madukara 2, Keri Widayanti, dan Chusnul Khotimah. Dalam kegiatan tersebut Keri Widayanti, menyampaikan seputar kesehatan remaja antara lain bahaya anemia bagi remaja putri, pentingnya menghindari body shaming dalam pergaulan, serta pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja.

” Mentalitas citra tubuh yang baik, akan sangat berpengaruh pada remaja. Remaja harus rajin menjalankan 10 PGS atau Pedoman Gizi Seimbang, sehat secara jasmani, rohani, dan sosial serta meningkatkan kebugaran,” kata Keri Widayanti. 

Chusnul Khotimah menambahkan bahwa munculnya permasalahan kesehatan pada remaja usia SMP/MTs adalah pola makan yang tidak seimbang dan gizi yang perlu diperhatikan.

” Perilaku remaja milenium antara lain pola makan tidak teratur, meger (malas gerak), terlalu banyak minum kopi, terlalu lama bermain ponsel dan kebiasaan begadang berdampak terjadinya masalah kesehatan juga,” jelasnya

Sementara itu, Tutut Widiasih selaku Kepala Madrasah mengatakan, dengan adanya kegiatan GERMAS dan edukasi gizi seimbang ini, diharapkan seluruh siswa siswa memahami betul pentingnya berperilaku sehat dan dapat menerapkannya dalam keseharian, baik itu dilingkungan rumah maupun madrasah sehingga siswa siswi madrasah menjadi remaja yang sehat jasmani maupun rohani. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas support serta dukungan dari Puskesmas Madukara 2 yang telah melakukan pendampingan kesehatan secara maksimal. (nrw)

Bagikan :
Translate »