Sukseskan PAT, MTs Cokroaminoto Badamita Adakan Simulasi

Banjarnegara – MTs Cokroaminoto Badamita adakan simulasi pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) agar nantinya pelaksanaanya bisa berjalan lancar, (1/6). Simulasi dilaksanakan dirumah peserta didik masing-masing dan diikuti oleh siswa kls 7 dan 8. Kegiatan ini sangat penting karena memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesiapannya menghadapi PAT.

PAT akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2021, Mukhlisin selaku teknisi MTs Cokroaminoto Badamita menyampaikan pentingnya persipan sebelum PAT dimulai. “Segala persiapan kita lakukan demi terciptanya sukses PAT, simulasi ini tentunya untuk mengetahui seberapa siap madrasah dalam melaksanakan PAT secara online,” terangnya

“Dalam simulasi ini, tentunya siswa yang mendapatkan hasil belum memuaskan akan belajar lebih giat lagi agar mendapat nilai PAT yang lebih baik. Sementara bagi mereka yang hasil simulasinya sudah baik akan merasa sedikit lebih tenang dan lebih “pede (percaya diri)” untuk menghadapi PAT,” tambahnya.

Hartini, S.Ag, S.Pd. selaku Kelapa Madrasah menyatakan bahwa Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.  Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.

“Banyak persiapan yang telah dilakukan panitia dalam mensukseskan PAT online ini, mulai dari pendataan jumlah siswa yang akan mengikuti PAT, penyiapan aplikasi, pembuatan soal oleh masing-masing guru mata pelajaran dan adanya simulasi.  Tetap berkomitmen dan berusaha untuk tetap sportivitas, kredibilitas dan akuntabiltas dalam pelaksanaan PAT secara daring, dengan menerapkan tata tertib sebagaimana pelaksanaan PAT tahun tahun sebelumnya, seperti pembagian kartu peserta sebelum pelaksanaan, pembagian jadwal seminggu sebelum pelaksanaan,” pungkasnya

Beliau berharap dengan adanya simulasi ini, nantinya PAT bisa berjalan dengan lancar, dan peserta didik juga bisa mengerjakan soal dengan serius. (mda/ak)