Wali Peserta Didik, Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempe Kedelai MTs Maarif Mandiraja

Banjarnegara – MTs Ma’arif Mandiraja kabupaten Banjarnegara adakan pelatihan kewirausahaan pembuatan tempe kedelai, guna meningkatkan wawasan kewirausahaan untuk wali peserta didik dalam menghidupkan dan memperlancar jalannya perekonomian (6/3).

Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan ini menumbuhkan semangat wali peserta didik MTs Ma’arif Mandiraja, terbukti jalannya kegiatan ini para peserta sangat antusias sejak proses awal hingga tahap akhir pembungkusan tempe kedelai.

Kepala MTs Ma’arif Mandiraja, Barokatumminalloh menyampaikan tempe merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, dengan proses yang sederhana namun dapat menghasilkan produk yang berkualitas gizi yang cukup tinggi.

“Ditengah sulitnya perekonomian saat ini menuntut semua orang untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, bukan hanya bergantung dari pekerjaan yang diberikan oleh orang lain, karena sesungguhnya masing-masing orang mempunyai keahlian yang bisa digali dan dikembangkan,” ungkapnya.

MTs Ma’arif Mandiraja melaksanakan kegiatan kewirausahaan pembuatan tempe kedelai untuk wali peserta didik, dengan harapan dengan bahan yang mudah didapatkan akan membuka peluang rezeki melalui produksi tempe, tambahnya.

Retno Widiarti selaku guru pembimbing pembuatan tempe menyatakan bahwa pelatihan pembuatan tempe yang diikuti wali peserta didik sangatlah bermanfaat, apalagi disaat kondisi pandemi Covid-19 ini.

Tidak ketinggalan, Retno berpesan agar hasilnya lebih baik dan nikmat rasanya, sebaiknya dalam pembuatan tempe semua bahan dan alatnya juga harus steril.

“Alhamdulillah pembuatan tempe di MTs Ma’arif berjalan dengan lancar, dan setelah menunggu semalam tempe sudah jadi serta bisa dinikmati bersama-sama,” ucap Retno saat di konfirmasi hari berikutnya. (JM/mnh)