Antusias Siswa Diuji di Tengah Pandemi

Banjarnegara – Sebanyak 21 siswa kelas 6 tahun ajaran 2020/2021 dari Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Watubelah, mengikuti ujian praktik kelulusan. Meskipun di tengah pandemi ujian praktik harus tetap dilakukan secara daring dan luring dengan tujuan untuk memacu semangat belajar siswa. Ujian tersebut dilaksanakan di Aula MIM Watubelah dengan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. (1/3)

Dalam upaya mencegah terjadinya kerumunan siswa, maka ujian dibagi menjadi 2 jenis pengujian dan 4 pembagian kelompok. Yaitu ujian praktik tertulis dan ujian praktik lapangan. Mata pelajaran yang diujikan dalam ujian praktik tertulis meliputi mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa. Sedangkan ujian praktik lapangan meliputi mata pelajaran Fiqih, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam ), SBdP ( Seni Budaya dan Prakarya), dan PJOK ( Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan).

Hari pertama, kedua, dan ketiga dilaksanakan ujian praktik tertulis dengan guru penguji Zufaenah, Ida Irfaniati, Ragil Setiani, dan Nurul Faizah Lestari. Adapun hari keempat, kelima, dan keenam dilaksanakan ujian praktik lapangan dengan guru penguji Mustofa, Tati Nurfitriyah, dan Moh. Imron Rosyadi. Dari semua ujian praktik yang telah dilaksanakan mayoritas siswa kelas 6 merespon baik dan antusias mengikuti seluruh ujian dengan baik.

Fitriyani, salah satu siswa kelas 6 mengatakan sangat senang di MIM Watubelah tetap dilaksanakan ujian praktek. “Saya sangat senang sekolah kita masih ada ujian praktik, dan ujian yang paling saya suka adalah Tata Boga karena kita bisa langsung praktik memasak bersama-sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Yuni Astuti Handayani kepala MIM Watubelah menyatakan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung ujian praktik tahun ini. Ujian tahun ini juga tak lepas dari peran wali murid.

“Saya selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Watubelah mengucapakan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya ujian praktik tahun ini, termasuk kepada seluruh dewan guru, karyawan, dan juga wali murid, jelasnya. (ak)