BA Aisyiyah Kebanaran Raih Juara 1 Lomba Tahfidz Quran IVKC

Mandiraja – Luqman Hakim Muyassar dari Bustanul Athfal Aisyiyah Kebanaran Mandiraja Banjarnegara meraih juara pertama dalam lomba Tahfidz Al-Qur’an (hafalan surat pendek) yang digelar secara Virtual.

Lomba ini digelar oleh Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP) Tunas Bangsa Banjarnegara pada 8 Februari hingga 13 Maret 2021 secara virtual karena dalam situasi pandemic covid-19. Pesertanya anak-anak usia TK/RA/BA & SD kelas I dan kelas 2.

Dalam lomba bertajuk Islamic Virtual Kids Competition ( IVKC ), Luqman membawakan surat Alhumazah dan Alfiil. Untuk lomba ini diikuti sekitar 30 peserta hasil final dari berbagai daerah dan dikirimkan secara virtual. Artinya peserta lomba merekam hafalannya secara audio visual tanpa editing., dinilai tajwid, makhraj dan etikanya.

Asri Mu’minatul Fauziyah selaku Kepala BA Aisyiyah yang mendampingi Luqman mengatakan, lomba ini pesertanya bukan hanya dari Banjarnegara tetapi juga dari luar Banjarnegara, karena dibuka untuk umum. Ada yang dari Sumatera, khususnya dari Palembang. “Alhamdulillah Luqman Hakim Muyassar, meraih juara I Lomba Tahfidz Alquran surat pendek,” ujarnya saat pengumuman Selasa ini (30/3)

Ada empat jenis lomba yang digelar dalam Islamic Virtual Kids Competition kali ini, yakni lomba mewarnai kaligrafi, lomba hafaln surat pendek, lomba fotogenik dengan tema “Dawet Ayu Banjarnegara” dan lomba menyanyi lagu anak-anak. BA Aisyiyah juga mengirimkan peserta lomba fotogenik yakni Ananda Arsyfa.

“Bagi BA Bustanul Athfal Aisyiyah Kebanaran Mandiraja Banjarnegara, prestasi Luqman sebagai Juara pertama dan menjadi pengakuan tentang pendidikan BA Aisyiyah berkualitas,” ungkap Asri.

Sebelumnya Luqman bin Mantep Miharso juga mendapat juara juara 1 Lomba Tahfidz Qur’an  (surat pendek ) tingkat Kabupaten yang diadakan oleh MI MIMUB (MI Miftakhul Mubtadi’in) Kaliwinasuh Kecamatan Purworejo Klampok (13/3). Pada lomba ini BA ‘Aisyiyah Kebanaran mengirimkn 4 anak dan mendapat juara semua no 1,2,3,4. Mereka adalah Luqman, Ashilla, Arsyil, dan Izza. (dn/mnh).