Baca Al Quran Jelang PAT, Salwa Ainurojmi Rasakan Kedamaian

Banjarnegara-Jika rutin dalam membaca Al-Qur’an, Hikmah dan manfaatnya adalah dapat menjaga keadaan hati, jiwa, dan tubuh di dalam situasi Penilaian Akhir Tahun yang dilaksanakan pada Senin, (30/5/22).

Itulah yang dirasakan oleh siswi kelas 7E yaitu Salwa Ainurojmi. Dirinya mengaku bahwa membaca Al Quran sebelum melaksanakan PAT akan membawa ketenangan serta konsentrasi tinggi dalam menghadapi soal-soal yang dikerjakannya.

“Sebelum pelaksanaan PAT, ruangan kami selalu melaksanakan membaca AL-Quran secara bersama-sama. Tentunya itu sebagai bekal kami untuk lebih konsentrasi dan mendapat hikmah atas kerja keras kami tatkala kami sudah belajar secara maksimal dalam menghadapi PAT.” ujar wanita yang akrab dipanggil Salwa.

Sebagaimana diketahui, di hari pertama PAT yang perlu ditingkatkan bukan hanya motivasi dalam belajar saja, tetapi membaca Al Quran mampu meningkatkan kerohanian. Salwa percaya bahwa dengan memperbanyak dan sering membaca Al Quran dapat meningkatkan kemampuan dan kelancaran dalam melafalkan bacaan Al Quran.

Hal senada dari Abdul Majid selaku koordinator keagamaan di MTs N 1 Banjarnegara. Dengan membaca Al Quran, seseorang akan senantiasa mendapat hikmah dan manfaatnya. Salah satunya memberikan ketenangan hati pada diri seseorang.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” terang Abdul Majid.

Membaca Al Quran pada hakikatnya adalah mengingat Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Untuk itu, jelang pelaksanaan PAT, Abdul Majid terus mendorong para peserta didik MTs N 1 Banjarnegara untuk selalu membaca Al Quran. Sebab, di setiap hurufnya mengandung kebaikan yang banyak.

“Bener banget, bukan satu kata, tapi setiap huruf dalam Al Quran itu mengandung kebaikan yang berlipat-lipat. Sebab, siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Rugi banget deh kalo kita sampai gak rutin membaca AL Quran.” tutupnya. (ran/ak)

Bagikan :
Translate »