Berprestasi, Siswa MTs N 1 Banjarnegara Raih Kejuaraan Di Ajang Kompetisi Hardiknas 2021

Banjarnegara – 2 siswa MTs N 1 Banjarnegara meraih medali Emas (Nurfadhilah Rahmawati) dan Mendali Perunggu (Namila Adinda Fisabilla), di ajang Kompetisi Hardiknas 2021 POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) Mapel IPS (8-9 Mei 2021).

“Dengan prestasi yang didapat para peserta didik MTs N 1 Banjaranegara, semakin menambah koleksi juara dan medali,” tegas Ikhsanudin, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTs N 1 Banjarnegara, pada Sabtu (8/5).

Perlu diketahui, Kompetisi Hardiknas 2021 merupakan tingkat Mahasiswa, Siswa, Guru, Jenjang SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA/SMK Se-Indonesia. Kompetisi Hardiknas 2021 dibuka dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional, POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 08-09 Mei 2021.

Disisi lain, Asih Wijayanti selaku pembimbing dan Guru MTs N 1 Banjarnegara juga menilai bahwa Kompetisi Hardiknas 2021 dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi peserta didik yang digelar secara daring. “Bidang olimpiade jenjang SMP/MTs yang dilombakan; Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris,” terang Asih.

Menurut Asih, pencapaian kedua siswa tersebut tidak didapatkan secara instan. Melainkan diperoleh atas latihan demi latihan. ”Jadi tidak ada kata tidak bisa, apa pun itu yang penting semangat, karenanya kami akan lakukan pembinaan kepada siswa, dan motivasi.” pungkasnya.

Nurfadhilah Rahmawati putri dari Bapak Misno dan Ibu Istiqomah S. mengatakan, persiapan mengikuti ajang tersebut dilakukan sepekan sebelum Kompetisi Hardiknas 2021 dimulai. “Saya sendiri belajar soal-soal dari internet, youtube, buku-buku paket serta catatan dan soal-soal latihan yang sering dibahas bersama guru dan pembina,” terangnya.

Tidak hanya itu, Namila Adinda Fisabilla juga menambahkan bahwa “Semoga tetap giat belajar, tetap semangat belajar, dan harus sering-sering latihan dan banyak referensi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi nantinya.”

Zaenal selaku Kepala Madrasah turut senang atas pencapaian para peserta didik dan para Guru MTs N 1 Banjarnegara yang senantiasa mendorong kemajuan pendidikan. “Prestasi yang diraih, merupakan bukti bahwa pendidikan tetap menjadi yang utama. Jangan sampai pandemi mengendurkan semangat peserta didik dan guru untuk terus berprestasi.”

Kepala MTs N 1 Banjarnegar mengatakan, madrasah akan terus mendukung pembinaan prestasi siswa. “Baik siswa maupun pembina jangan sampai patah semangat dalam melakukan pembinaan, dan pengayaan. Semoga dengan kejuaraan Kompetisi Hardiknas 2021 ini akan diikuti oleh prestasi-prestasi yang lain,” harapnya. (Risky/ak)