Bina Warga Rutan, Kakankemenag Banjarnegara Buka Pesantren Ramadhan

Banjarnegara – Komitmen Rutan Banjarnegara mengisi pembinaan kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadhan kali ini dibuktikan dengan Kerjasama bersama Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Banjarnegara, seperti salah satu kegiatan pagi ini diisi dengan kegiatan pembukaan Pesantren Ramadhan Rutan Banjarnegara oleh Kepala Kankemenag Banjarnegara, Selasa, (13/4/21)

Karyono, Kepala Rutan Banjarnegara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kankemenag Banjarnegara beserta rombongan yang berkenan hadir untuk membuka kegiatan Pesantren Ramadhan di Rutan Banjarnegara.

“Harapannya kegiatan berjalan aman dan lancar serta bermanfaat memberikan pencerahan mampu meningkatkan Iman dan Takwa serta membuat kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” jelasnya.

Karyono didampingi oleh para pejabat struktural juga menyampaikan bahwa saai ini Rutan dihuni oleh 113 WBP terdiri dari narapidana dan tahanan dan semuanya muslim.

“Sebagai informasi kami sampaikan kepada Kepala Kemenag Banjarnegara bahwa Rutan saat ini dihuni oleh 113 narapidana dan tahanan salah satu diantaranya adalah perempuan,” ungkapnya.

Agus Suryo Suripto, Kepala Kankemenag Banjarnegara dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pada prinsipnya Kementerian Agama memandang warga binaan adalah saudara, tidak ada orang yang tidak pernah salah dan sebaik baiknya orang yang bersalah adalah yang orang yang mau bertaubat.

“Perbedaannya hanya anda di sini (Rutan) dan kami berada di rumah. Rutan adalah tempat untuk memperbaiki diri dan sebaik baiknya orang yang bersalah adalah yang mau bertobat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus Suryo Suripto menyampaikan bahwa masa di rutan adalah masa untuk memperbaiki diri. “Rumah tahanan adalah tempat untuk berbenah memperbaiki diri, walaupun ada diantara warga binaan yang tangan atau dadanya berganbar (tato) bagi saya itu adalah ekspresi diri dan hal biasa bukan menunjuk pada keburukan seseorang,” tambahnya

Kepala Kankemenag Banjarnegara didampingi Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Banjarnegara, Pagedongan, Bawang, Madukara dan Sigaluh serta 8 Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Banjarnegara yang secara teknis akan mengampu kegiatan Pesantren Ramadhan di Rutan Banjarnegara dikordinatori oleh Nasirin.

Nasirin, PAIF Kecamatan Banjarnegara selaku Kordinator Pengampu Kegiatan Pesantren Ramadhan dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan direncanakan berlangsung sampai dengan Jumat, 7 Mei 2021, karena banyaknya warga binaan dan terbatasnya ruangan maka peserta dibagi menjadi 4 kelompok, agar ilmu yang didapatkan selama kegiatan pesantren kilat Ramadhan ini dapat diserap dengan lebih baik.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, dan untuk para warga binaan agar mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh, karena selain menambah ilmu pengetahuan ke-Islaman juga akan ada game seru berkaitan dengan keagamaan, inshaallaah semua pemateri sudah mendapatkan rekomendasi dari kementerian agama. Semoga kegiatan kita dapat berjalan lancar dan mendapatkan pahala, aamiin,”  Ucap Nasirin dalam sambutannya.

Kegiatan Pesantren Ramadlan dipusatkan di Musholla At-Taubah Rutan Banjarnegara disambut antusias WBP Rutan Banjarnegara yang berjumlah 113 orang. (akho/ak)