Garuda Putra MTs Negeri 1 Banjarnegara Berjaya pada Seleksi Jamnas Kwaran Banjarnegara

Banjarnegara – Setelah sukses meraih gelar pramuka penggalang garuda, dua siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara mengikuti seleksi Jambore Nasional (Jamnas) pada Selasa (19/4) di kwartir ranting Banjarnegara. Didampingi oleh pembina dan alumni, Dzulfikar dan Nanda berangkat menuju kwaran untuk mengikuti seleksi jamnas.

Jambore nasional merupakan ajang kepramukaan yang mempertemukan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir nasional. Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia. 

Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Dzulfikar Syarifudin Ma’ruf, peserta seleksi putra dari MTs Negeri 1 Banjarnegara dinyatakan lolos seleksi. Pengumuman ini tertulis dalam berita acara hasil seleksi jamnas 2022 kwartir ranting Banjarnegara. Tertulis di sini bahwa penggalang putra yang lolos adalah nomor undi 02 yaitu Dzulfikar dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Berita membahagiakan ini tentu saja disampaikan oleh Saiful, pembina pramuka putra MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Alhamdulillah Dzulfikar lolos seleksi kwaran. Terima kasih kepada Bapak Eko dan seluruh dewan guru serta karyawan atas doa dan dukungannya. Seleksi ini tidak mudah karena harus bersaing dengan SMP/MTs se-ranting Banjarnegara.” terang Saiful.

Dzulfikar lolos seleksi dengan nilai 259,8. Ini menjadi nilai tertinggi dari peserta lain. Bidang seleksi jambore nasional kali ini juga dibutuhkan keterampilan yang mumpuni yaitu semaphore, morse, pioneering, dan seni.

“Bersyukur sekali bisa lolos seleksi kwaran mengingat kesempatan ini tidak datang dua kali. Setelah melalui beberapa tes akhirnya nomor undi saya yang keluar sebagai pemenangnya. Saya akan berlatih lebih giat lagi untuk mempersiapkan diri di seleksi kwarcab Sabtu pekan ini. Semoga Allah meridoi saya dan Madtsansa untuk mengikuti jamnas yang akan dilaksanakan Agustus mendatang di Buperta Cibubur,” jelas Dzulfikar.

Butuh persiapan yang matang untuk mengikuti  jambore nasional tersebut. Semoga Dzulfikar akan dapat tergabung bersama penggalang se-Indonesia guna mengikuti kegiatan jamnas. Penggalang-penggalang yang tergabung dalam jambore nasional merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing daerah. Dzulfikar akan berlatih maksimal dan akan memberikan yang terbaik untuk Madtsansa. (rin/ak)

Bagikan :
Translate »