Guru MTs Andalusia Ajarkan Akidah Akhlak Dengan Metode PAKEM

Banjarnegara – MTs Andalusia Banjarnegara mendukung para guru untuk selalu aktif dalam bekerja, tidak hanya menjalankan tugas sebagai pengajar tapi juga pendidik. Hal ini membuat guru termotivasi selain menguasai materi juga harus memilih metode dan model pembelajaran yang sesuai. Hal ini juga yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak agar siswa lebih mudah memahami materi yaitu dengan metode PAKEM.

Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan atau disingkat PAKEM ini merupakan pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap dan pemahamannya dengan penekanan learning by doing. Sementara, guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.

“Pada dasarnya, semua anak memiliki sifat ingin tahu dan berimajinasi, hal tersebut modal dasar bagi perkembangan sikap kritis dan kreatif. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu lahan yang harus guru olah sehingga kedua sifat tersebut dapat berkembang dengan subur,” ungkap Ismiati, Rabu (7/4).

Melalui pembelajaran dengan metode PAKEM guru mendapat penilaian pengetahuan dan karakter. Metode ini membuat siswa menjadi semangat dalam belajar sehingga nilai yang diperoleh siswa dapat mencapai KKM.

“Saya menggunakan metode PAKEM saya juga membebaskan anak untuk mencari jawaban dari sumber belajar lainnya seperti internet,” imbuhnya.

Menurutnya metode ini cukup efektif sehingga materi yang jika disampaikan dengan metode ceramah bisa memakan lebih banyak waktu dapat disampaikan dalam sekali pertemuan saja. (is/sy/ak)