Guru MTs N 1 Banjarnegara Ikuti Seleksi Fasda Program PKB Guru Madrasah

Banjarnegara – Kementerian Agama Republik Indonesia keluarkan surat edaran perihal Pengumuman Pelaksanaan Seleksi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi, dan Fasilitator Daerah Program PKB Guru Madrasah pada Jumat 9 Maret 2021.

“Dengan hormat, disampaikan dalam rangka Implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) IBRD Loan Number 8992-ID Tahun 2021. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan mengadakan kegiatan Seleksi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi, dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah,” pesan Muhammad Zain selaku Direktur Jendral Direktur GTK Madrasah melalui surat edaran pada Jumat, (9/4/2021)

“Dengan adanya surat edaran tersebut, para Guru MTs N 1 Banjarnegara ikut berkontribusi mengikuti Seleksi Fasilitator Daerah Program PKB Guru Madrasah. Salah satunya Tri Widayati selaku guru IPA, Widi Widayati selaku Guru Bahasa Inggris, Ahmad Munir Effendi selaku Guru Matematika, serta Yuniati selaku Guru Matematika,” ungkap Zaenal, Kepala MTs 1 Banjarnegara.

Untuk tahapan Seleksi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi, dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah, akan dilaksanakan 3 tahap. Untuk pendaftaran online melalui madrasahreform.kemenag.go.id/ pada tanggal 8 – 20 Maret 2021. Kemudian Pengumuman Hasil Shortlist Tahap I (Satu) pada tanggal 30 Maret 2021.  Untuk Ujian/Tes Online pada tanggal 2 – 4 April 2021. Pengumuman Hasil Shortlist Tahap II (dua) pada tanggal 6 April 2021. Seleksi Wawancara  pada tanggal 7-11 April 202.  Dan Pengumuman Akhir pada tanggal 17 April 2021.

Perlu diketahui, Seleksi yang dimaksud pada kegiatan ini adalah seleksi Instruktur Nasional (IN), Fasilitator Provinsi (Fasprov), dan Fasilitator Daerah (Fasda). Instruktur Nasional adalah para penulis modul, tim pengembang PKB Guru, dan para pakar pendidikan yang direkrut untuk menjadi pelatih fasilitator provinsi. Fasprov merupakan kumpulan guru-guru terbaik yang direkrut untuk menjadi pelatih fasilitator daerah. Fasda merupakan kumpulan guru-guru terbaik yang direkrut untuk disiapkan menjadi pelatih kegiatan PKB Guru di KKG/MGMP/MGBK. (risky/ak)