Harapan Orang Puasa Adalah Derajat Takwa

Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 1437 H, Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengadakan agenda sholat Dhuhur berjamaah dan kultum (kuliah tujuh menit) selepas sholat. Kegiatan terjadwal sebagai suatu amanah dan ibadah bagi pegawai di Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara. 

Selaku Imam sholat dhuhur hari pertama Ramadhan (06/06) adalah Kasubbag TU, Sukarno yang di lanjutkan kultum yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhas kantor. Beliau menghimbau kepada seluruh pegawai di lingkungan kemenag kabupaten Banjarnegara untuk menjalankan puasa dengan baik, menambah amalan-amalan yang dapat menambah nilai puasa kita sehingga dapat mendapatkan ridha-Nya.

Telah datang bulan Puasa Ramadhan 1437 H, mari kita sambut dengan perasaan gembira. Dengan bulan Ramadhan, Alloh memberikan banyak keistimewaan di dalamnya yang tidak terkira. Adapun perintah utama di dalamnya adalah Puasa, sebagaimana di sebutkan dalam Al Qur’an S. Al Baqoroh ayat 185.

Puasa termasuk rukun Islam yang pahala yang didapat adalah hak prerogratif Alloh. Di karenakan perlakuan ibadahnya merupakan rahasia antara yang bersangkutan dengan Allah. Kita harus bersyukur bahwa puasa yang terlaksana di Indonesia dilaksanakan dengan waktu tidak lama dengan posisinya. Ada posisi negara yang melaksanakan puasa hampir 20 jam.

Di dalam bulan Ramadhan terdapat ibadah-ibadah yang dijalankan seperti Puasa, Sholat Tarawih, Zakat, Shodaqoh, I’tikaf, Dhikir, doa instighfar, dan Umrah. Terkait Zakat yang sudah dipungut dari pegawai, Insya Allah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara akan mentasyarufkan pada bulan puasa untuk periode Januari-Juni.

Sukarno berharap, dengan perjalanan puasa bisa dijalani dari awal sampai akhir puasa, mendapatkan Rahmah, Maghfirah serta Itqumminanar (berbebas dari api neraja), dinaikan derajatnya dan lulus dengan label “Muttaqin”.