Ikuti KOSN, Siswa MI Kecamatan Purwanegara Gondol 7 Medali Kejuaraan

Banjarnegara – Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) atau yang sebelumnya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan Olahraga dan Kesehatan Jasmani yang diikuti oleh siswa jenjang SD/MI hingga MA/SMA/SMK. Ditengah situasi Pandemi Covid-19 KOSN tingkat SD/MI Kecamatan Purwanegara tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan tidak mengabaikan protocol kesehatan, diikuti oleh siswa SD/MI di kecamatan Purwanegara.

Acara ini dibuka oleh Korwil Kecamatan Purwanegara, Niken Siti Nurbaya dan bertempat di lapangan olah raga SMA Negeri Purwanegara, Sabtu (12/6/2021). KOSN ini memperlombakan 2 cabang olahraga (Cabor) yaitu karate dan pencak silat yang dilaksanakan selama 2 hari.

“KOSN merupakan kegiatan seleksi dalam olah raga yang menang akan terus maju pada tingkat selanjutnya. KOSN juga merupakan suatu wadah peserta didik untuk meraih prestasi yang maksimal, yang juga merupakan upaya pembinaan penguatan pendidikan karakter (PPPK),” ujar Niken Siti Nurbaya saat memberikan sambutan dihadapan peserta KOSN yang hadir.

“Mari kita laksanakan kegiatan KOSN tahun 2021 ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab untuk mencapai prestasi terbaik. Kepada panitia selamat bertugas semoga sukses, dan kepada para atlit selamat berlomba semoga memperoleh hasil yang terbaik.” pungkasnya.

Pada KOSN tahun 2021 ini siswa Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Purwanegara ikut ambil bagian. Dari 10 madrasah yang ada, 3 Madrasah mengirimkan atlit karate dan pencak silat untuk mengikuti kejuaraan tersebut yaitu MIM Kaliajir, MIM 01 Merden dan MIM 02 Merden.

Selesainya KOSN pada senin siang (14/6) menunjukan hasil menggembirakn bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Purwanegara  yaitu berhasil menggondol 7 medali kejuaraan.

Dari MIM 02 Merden memperoleh 2 medali kejuaraan. MIM 1 Merden mendapatkan 3 kejuaraan. Sedangkan MIM Kaliajir lebih hebat lagi memperoleh 2 kejuaraan. Juara 1 dan 2 KOSN akan maju ke tingkat Kabupaten Banjarnegara mewakili Kecamatan Purwanegara.

Ditemui di tempat terpisah, Sugiyanto selaku Pengawas Madrasah Purwanegara mengatakan bersyukur ats prestasi ini. “Yang pertama saya bersyukur kepada Alloh SWT atas prestasi yang diperoleh Madrasah binaan saya. Semoga ini akan menjadi motivasi bagi Madrasah lainnya yang belum bisa ambil bagian dalam KOSN tahun ini untuk ikut serta dan berprestasi di tahun depan.” Ucapnya penuh semangat.

“Semakin banyak siswa Madrasah yang berprestasi baik di tingkat kecamatan apalagi ditingkat selanjutnya, akan mengangkat nama dan eksistensi Madrasah itu sendiri dan Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara,” tutupnya.

Kegiatan KOSN diakhiri dengan penyerahan medali dan piala kepada sang juara, dilanjutkan upacara penutupan. Para juara dan guru pembinanya pulang dengan wajah bahagia. (pa/ak)