Kembalikanlah Buku Perpustakaan Sebelum Kelulusan.

Banjarnegara – Perpustakaan sekolah merupakan sarana penunjang pendidikan yang sangat berperan penting bagi siswa/siswi. Dengan adanya perpustakaan, siswa dapat memanfaatkan sumber bacaan sebagai media belajar untuk menunjang prestasi akademik. Mengingat pelaksanaan PAT khusunya kelas IX sudah selesai. Para wali murid pada hari jumat, (4/6) datang ke MTs N 1 Banjarnegara untuk mengembalikan buku pelajaran Kurikulum 2013 semester genap sekaligus menghadiri acara Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2020/2021.

Terlihat para wali murid tampak mengembalikan buku pelajaran di ruang kelas IX A yang sudah ada petugas perpustakaan untuk mendata dan mengecek buku yang sudah dipinjam. Adapun wali kelas yang tidak membawa buku lantaran buku pelajaran hilang atau rusak, hal yang harus dilakukan dari pihak perpustakaan adalah memberikan surat tanda penggantian secara administratif kepada wali murid.

“Hal ini kita lakukan semata – mata karena ingin menanamkan sikap bertanggung jawab serta kebiasaan memelihara aset milik Negara, karena bagaimanapun buku diperpustakaan tercatat dalam aplikasi aset MTs N 1 Banjarnegara,” ungkap Nita Helmiyanti selaku pengelola perpustakaan.

Nita Helmiyanti menilai bahwa dengan mengembalikan buku paket yang telah dipinjamkan kepada siswa/siswi kelas IX ini gunanya agar dapat dipinjamkan kembali kepada adik kelas berikutnya di tahun ajaran baru 2021/2022.

“Para Wali Kelas harus mengembalikan buku yang telah dipinjamkan oleh MTs N 1 Banjarnegara sebelum menghadiri acara Pelepasan Siswa Kelas IX,” ujar Nita Helmiyanti.

Nita menegaskan, sebelum menghadiri acara Pelepasan Siswa Kelas IX, seluruh siswa sudah mengembalikan buku-buku perpustakaan yang dipinjam sesuai dengan prosedur yang ditentukan perpustakaan MTs N 1 Banjarnegara. “Semua buku yang dipinjam harus sudah kembali dengan lengkap serta rapi, tidak boleh ada yang hilang ataupun rusak,” pungkasnya. (Risky/ak)