KESUKSESAN RATUSAN GURU PAI MENGIKUTI PK ONLINE

MTs N 1 Banjarnegara. Pemetaan Kompetensi (PK Online) mandiri. Diikuti oleh ratusan guru PAI SD, SMP, SMA, SMK se Kab. Banjarnegara. Kegiatan yang digelar oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kankemenag Banjarnegara berlangsung serempak di seluruh Indonesia, di Banjarnegara dibagi menjadi dua lokasi PK Online, yaitu di MTs N 1 Banjarnegara  dan di SMK HKTI Klampok Banjarnegara pada Selasa (18/12),

Kesuksesan PK online di MTs N 1 Banjarnegara dibagi menjadi empat ruang ujian, satu ruang ujian diikuti oleh 20 peserta dan terdiri dari tiga sesi, satu sesi berlangsung selama 120 menit. Sesi I dimulai jam 08.00-10.00 WIB, sesi II dimulai jam 10.30-12.30 WIB dan sesi III dimulai jam 13.00-15.00 WIB.

Panitia PK online Banjarnegara dalam laporannya menyampaikan keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu faktor tersebut adalah kompetensi guru, kompetensi guru adalah ujung tombak dalam proses pendidikan dan keberhasilan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran.

“Guru dituntut untuk mampu memilih metode ataupun strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat lebih mudah menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh guru, Keprofesionalan dan kompetensi guru dapat diyakini mampu menghasilkan siswa yang aktif dan berprestasi untuk mengakualisasikan keprofesionalitas dan kompetensi guru, Karena dulu belum ada yang namanya TKA,TPA dan sebagainya yang ada hanyalah guru agama disekolah maka oleh sebab itu KKG PAI berperan penting untuk memberikan pengetahuan keagamaan kepada anak didik kita dan ini akan menjadi bekal untuk masa yang akan datang,” ujarnya. (Ardian Apriliana)