KUA Susukan adakan Rakor dan Sosialisasi kepada Calon Jamaah Haji tahun 2021

Banjarnegara – KUA kecamatan Susukan mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi kepada calon jamaah Haji kecamatan Susukan tahun 2021, yang di laksanakan pukul 13.00 wib sejumlah 25 orang undangan. Bertempat di aula/balai nikah dan Manasik Haji KUA Susukan pada hari Rabu (07/04/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah adanya koordinasi antara koordinator calon jamaah haji kecamatan Susukan dengan kepala KUA kecamatan Susukan, dalam rangka menjalin silaturahmi dan penyampaian informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2021.

Kepala KUA kecamatan Susukan, Afif Sarianto menyampaikan apresiasi terhadap koordinator calon jamaah haji kecamatan Susukan, yaitu Riyanto dan Suharman yang senantiasa berkoordinasi secara aktif, dan senantiasa mendampingi calon jamaah haji kecamatan Susukan terkait kegiatan manasik haji dan pengusulan regu dan rombongan, sampai dengan informasi pembagian kloter jamaah haji.

“Saya sampaikan terkait hasil Kegiatan Pembinaan Jamaah Haji yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Maret 2021 bahwa Sekjen Kementerian Agama RI, H. Nizar Ali menyampaikan informasi untuk ibadah haji tahun 2021 masih menunggu secara resmi keputusan dari Kerajaan Arab Saudi terkait pembukaan ibadah haji, namun beliau juga menyampaikan kabar gembira, terkait kunjungan beliau beserta rombongan ketika berkunjung ke Makkah bahwa kondisi di sana sudah mulai kondusif terbukti dengan dibukanya air minum Zam-zam yang selama pandemi kemarin masih ditutup. Ini menandakan ada kepositifan ibadah haji tahun ini kemungkinan besar dapat diadakan,” Terangnya.

Aan Fauzi selaku calon petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) menyampaikan informasi tentang kesehatan bagi calon jamaah haji, bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh calon jama’ah haji agar tetap sehat selama pandemi sampai dengan pemberangkatan nanti.

“Calon jamaah haji saya harap untuk tetap meningkatkan 3 hal, yaitu pertama meninggkatkan iman dengan senantiasa meningkatkan amal ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kesehatan dan terhindar dari tertular virus Corona. Kedua, meningkatkan imun dengan cara menjaga kebugaran badan dengan olah raga rutin, makan yang sehat dan berimbang, istirahat yang cukup dan mengikuti vaksinasi. Ketiga, dengan meningkatkan keamanan yaitu dengan tetap menjalankan 3M, Insya Allah apabila hal ini diindahkan, pada saat pemberangkatan semoga tidak ada kendala dari segi kesehatan.” Pesannya.

Koordinator calon jamaah haji kecamatan Susukan, Riyanto dan Suharman menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah ajang silaturahmi mengingat sudah lama selama pandemi yang berlangsung 1 tahun belum pernah bertemu.

Kesempatan ini pula sebagai ajang informasi untuk mempersiapkan diri terutama terkait manasik haji agar dibaca lagi khususnya doa-doa selama perjalanan ibadah haji yang barangkali lupa bisa menyimak lagi. Mereka juga menyampaikan kepada calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri terkait manasik haji yang diselenggararakan dari Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang biasanya dilaksanakan pada bulan Syawal untuk tetap menunggu informasi resmi dari KUA kecamatan Susukan. (yay/ak)