Laskar Langit, Gerakan Peduli Dhuafa Yayasan Pendidikan Islam Andalusia

Banjarnegara – Laskar Langit merupakan gerakan peduli dhuafa yang diinisiasi oleh Founder Yayasan Pendidikan Islam Andalusia (YPI), H. Soenaryo, bersama seluruh pengurus dan santri Andalusia. Salah satu gerakan rutin yang dilakukan oleh Laskar langit sejak awal pandemi yaitu membagikan paket 50 sembako kepada warga dan dhuafa di lingkungan Kelurahan Sokanandi, seperti yang kembali dilakukan pada Jumat (9/4).

YPI Andalusia konsisten untuk terus mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di lingkungan Madrasah dan Pondok Pesantren. Termasuk juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli dengan lingkungan, salah satunya adalah dengan membagikan sedekah jumat bagi kaum dhuafa. Kegiatan ini juga sejalan dengan makna dari kalimat yang ada di logo Kementerian Agama yaitu ‘Ikhlas Beramal’. Artinya bahwa seluruh lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Agama akan bertindak dengan niat tulus dan ikhlas termasuk MTs Andalusia yang tulus dan ikhlas dalam menerapkan kebiasaan bersedekah.

Soenaryo mengungkapkan bahwa pembagian sembako ini merupakan wujud kepedulian dari seluruh Civitas Andalusia kepada lingkungan sekitar. Kepedulian ini menurutnya ditunjukkan dengan pembiasaan bersedekah.

“Ini pembiasaan agar kita peduli pada dhuafa di lingkungan RT, kelurahan, bahkan hingga kabupaten,” ungkapnya.

Sosok yang akrab disapa Abah ini menambahkan bahwa kegiatan sedekah ini juga untuk melatih para santri untuk terbiasa bersedekah. Menurutnya sangat penting membiasakan gemar sedekah sejak dini karena nanti kebiasan ini bisa menjadi modal bagi para santri ketika dewasa. Yaitu modal untuk dapat lebih peduli kepada lingkungan dan orang-orang di sekitar mereka.

“Santri Andalusia itu Laskar Langit. Mereka bangun setiap pukul 3 pagi untuk tahajud, menahan lapar setiap Senin-Kamis, lalu setiap Jumat menyisikan sebagian uang sakunya untuk bersedekah. Luar biasa sekali para sanri di sini.” Imbuhnya.

Setiap hari Jumat, menurutnya seluruh santri, guru, ustadh, dan karyawan menyisihkan Sebagian uangnya untuk bersedekah. Uang yang terkumpul tersebut dibelanjakan untuk membeli sembako yang nantinya akan dibagikan kepada dhuafa yang ada di lingkungan sekitar. Mulai dari kelurahan Sokanandi hingga wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Setiap minggunya, petugas dari Yayasan akan membagikan kupon sedekah kepada ketua RTuntuk dibagikan kepada warganya yang membutuhkan. Dengan kupon tersebut warga dapat menukarnya dengan paket sembako yang sudah di siapkan di halaman depan MTs Andalusia.

Selain pembagian paket sembako Jumat Berkah, Laskar Langit mempunyai beberapa program yang difokuskan pada kepedulian lingkungan. Adapun program kerja tersebut yaitu, bedah rumah, pembagian 2000 nasi kotak, warung makan gratis Andalusia, dan Sedekah Jumat Berkah.

Menurut Abah Soenaryo sejauh ini sudah ada 4 buah rumah yang dibedah yaitu 2 rumah di Kecamatan Pagedongan, 1 rumah di Kecamatan Banjarnegara, dan 1 rumah di Kecamatan Karangkobar. Rumah yang dibedah tersebut, merupakan rumah-rumah yang sudah rusak sehingga membutuhkan uluran tangan. Gerakan ini merupakan wujud komitmen YPI Andalusia dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Selama pandemi, YPI Andalusia juga telah membagikan total 2000 nasi kotak gratis bagi tukang becak, kusir andong, dan pemulung. Juga membuka warung gratis selama dua bulan bagi siapapun yang membutuhkan. (sy/ak)