Tingkatkan Integritas dan Kerohanian, MTs Andalusia Rutinkan Kajian Kitab

Banjarnegara – MTs Andalusia Banjarnegara adakan Kajian Kitab untuk Dewan Guru dan karyawan di Masjid Abu Hurairah setiap sabtu siang setelah jam KBM berakhir (10/4). Kegiatan ini telah berjalan sejak awal Februari dan dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah. Adapun sebagai pematerinya yaitu Mudirul Ma’had dari Pondok Pesantren Modern Andalusia.

Kitab yang dikaji dalam majelis tersebut adalah kitab Aqidatul Awam karya al-Imam al-Allamah Syekh Ahmad Marzuki dari Mesir. Kitab Aqidatul Awam merupakan salah satu kitab tentang dasar-dasar akidah ahlussunnah waljama’ah.

Reza Yuliansyah, guru psikologi sekaligus ketua penyelenggara kegiatan mengungkapkan bahwa kajian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerohanian guru dan karyawan MTs Andalusia.   

“Menurut saya kegiatan ini sangatlah penting, yaitu untuk meningkatkan kerohanian dalam diri dewan guru dan karyawan. Karena kesehatan tidak hanya fisik saja, melainkan sehat rohani. Sehat rohani itu penting demi kesehatan mental kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala MTs Andalusia, Anton Zaeni Noor mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membuat ikatan hati antara sesama warga Andalusia dan meningkatkan kompetensi ruhiah serta sebagai bagian dari dakwah Islamiyah.

“Kajian rutin ini tujuannya adalah, yang pertama: membuat ikatan hati semua peserta supaya merasa menjadi keluarga besar Andalusia. Kedua, untuk meningkatkan kompetensi ruhiah dalam diri peserta. Dan yang terakhir, ini adalah bagian dari dakwah”, ungkapnya.

Melalui kegiatan ini suluruh guru dan karyawan mendapat kesempatan untuk mendalami ilmu dan pengetahuan dalam bidang agama serta meningkatkan kualitas hubungan dengan Allah SWT atau Hablum minallah dan hubungan antara sesama manusia atau Hablum minannas. (mn/sy/ak)