MI Cokroaminoto Pingit Wakili Kecamatan Rakit Ikuti Pesta Siaga VirtualKwarcab Banjarnegara Tahun 2021

Banjarnegara – Pada hari Senin tanggal 7 Juni 2021 siswi MI Cokroaminoto Pingit mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Cabang  Banjarnegara mewakili Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Rakit  yang dilaksanakan secara virtual.

Pandemi covid-19 tidak lantas menyurutkan program perkemahan Kwarcab Banjarnegara dalam hal ini kegiatan pesta siaga. Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan pramuka siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk Permainan Bersama, Pameran Siaga, Pasar Siaga (Bazar), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga, Karnaval dan Perkemahan Satu Hari (Persari).

Kegiatan pesta siaga Kwarcab Banjarnegara diselenggarakan hari ini, Senin (7/6) secara virtual yang diikuti oleh 20 kwartir ranting yang ada di Kwartir Cabang Banjarnegara, masing-masing kwartir ranting terdiri dari dua barung yaitu barung putra dan barung putri, masing-masing  barung terdiri dari delapan peserta.

Pada kegiatan pesta siaga sebelum pandemi biasanya ada delapan kegiatan pada delapan warung/taman yaitu 1) Ketakwaan 2) Kesenian, 3) Parade puisi, 4) Permainan, 4) Kepramukaan 6) Patriotisme 7) Pengetahuan umum 8) Bakti sosial. Pada  tahun ini hanya ada empat kegiatan pada empat taman yaitu taman ketakwaan, taman parade puisi, taman menyanyi (Kesenian) dan taman holahop (permainan).

Kriteria peserta  yang bisa mengikuti  peserta pesta siaga dari  Kwarcab Banjarnegara adalah anggota pramuka golongan pramuka siaga yang  belum berusia 11 tahun sampai dengan tanggal 30 Juni tahun 2021.

“Berdasarkan seleksi kemampuan siswa sesuai dengan kriteria kegiatan yang ada pada empat taman terpilih delapan siswi mulai dari kelas II, III dan IV. Berikut daftar peserta pesta siaga virtul dari pangkalan MI Cokroaminoto Pingit beserta tugasnya: 1) Annurriza Zahrotul Muttoharoh 2) Gema Nada Islami keduanya siswi kelaas II bertugas di taman ketaqwaan, 3)Sheila Shaulia Amri siswi kelas III bertugas di taman Holahop 4) Dhafytha Nizza Rafifa siswi kelas IV bertugas ditaman Holahop 5) Kanis Nur Hidayah siswi kelas III bertugas di taman parade puisi) 6) Embun Anggit Warayudati siswi kelas IV bertugas di taman parade puisi  7) Diana Barokah dan 8) Neisya Artha Wandira keduanya siswi kelas IV yang bertugas di taman menyanyi,” Ungkap Tri Wahyuni, Kepala MI Cokroaminoto Pingit

Wahyuni menyampaiakan alasan terpilihnya MI Cokroaminoto Pingit menjadi duta gerakan pramuka kwartir ranting Rakit pada pesta siaga tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual mendapat respon positif dari wali murid dan masyarakat.

“Saya berharap kegiatan pesta siaga ini bisa menjadi motivasi belajar dan meningkatkan kretifitas bagi siswa baik yang terpilih maupun belum terpilih. Respon yang baik dari masyarakat dari kegiatan pesta siaga tersebut diharapkan bisa membantu peningkatan perolehan peserta didik baru pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022,” pungkasnya (S/ak).