MIMa Al Falah Joyokusumo PAT secara Tatap Muka

Banjarnegara – MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun pelajaran 2020/2021 secara tatap muka serentak MI seKabupaten Banjarnegara sejak Rabu. (2/6). PAT ini dilaksanakan selama 10 hari ditambah pelajaran unggulan & mulok madrasah.

Tujuan PAT ini guna mengukur kemampuan dan ketuntasan peserta didik terutama pada KD 3 dan KD 4 pada masing – masing tingkatan. Hasil penilaian ini dapat dipergunakan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor pada semester dua.

Berbeda dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dilaksanakan secara daring. PAT Tahun ini dapat dilaksanakan secara tatap muka. Hal tersebut karena sudah memiliki surat ijin dari Kantor Kementerian Agama dan satgas covid setempat. Selain itu, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Republik Indonesia lembaga Pendidikan Dasar sudah diijinkan mengadakan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

PAT MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo ini diikuti oleh semua peserta didik dari kelas I  – V yang dilakukan secara sistem sift, yaitu sift 1 dan sift 2 . Peserta sift 1 dan sift 2 ditentukan langsung oleh Wali Kelas masing – masing. Setiap Wali Kelas mengatur Siswa – Siswinya agar PAT berjalan dengan lancar,aman dan terkendali meskipun ditengah Pandemi Covid – 19.  

Ketua panitia PAT, Susri Anti mengkoordinir anggotanya untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk jadwal petugas cek suhu ataupun cuci tangan.

Protokol kesehatan yang ketat menjadi dasar adanya pelaksanaan PAT secara tatap muka. Setiap peserta didik dilakukan pengecekan suhu, diarahkan untuk cuci tangan, duduk berjarak, selalu memakai masker,  bahkan tidak diijinkan saling meminjam alat tulis menulis. Hal tersebut tentunya dilakukan demi kebaikan bersama.

Wahyul Khomisah berharap meskipun pada tahun ini  pembelajaran tidak bisa seratus persen secara tatap muka, peserta didiknya tetap mendapatkan nilai yang maksimal sesuai dengan harapan para guru dan orang tua.

“Saya berharap mudah – mudahan anak – anak dapat mengerjakan soal – soal PAT dengan baik, diberi ketajaman fikiran dan kemudahan oleh Allah SWT”. tutur Kepala Madrasah MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo. (an/wk/mnh)