MTs Cokroaminoto Badamita Memberikan Layanan Home Visit Di Masa Pandemi

Banjarnegara – MTs Cokroaminoto Badamita memberikan layanan Home Visit di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan oleh Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum dan Wali kelas. Guru bertandang ke rumah siswa untuk mengetahui kendala pembelajaran daring serta untuk pemenuhan kelengkapan informasi yang dibutuhkan guru ataupun Madrasah dalam rangka membimbing siswa mencapai tujuan belajarnya (1/3).

Septin Anjar Sari, Wali kelas 9 dalam kesempatan kali ini menyatakan bahwa dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi. “Sekolah tatap muka langsung belum diperbolehkan, karena kita harus turut memutus wabah mata rantai virus covid19. Dengan kondisi seperti ini kita tidak serta merta hanya terlena dengan KBM daring saja padahal kita harus memotivasi siswa dan wali murid,” terangnya.

Sementara itu, Mei Dwi Ambarwati selaku Waka kesiswaan memiliki gagasan memberikan layanan Home Visit di masa pandemi Covid-19. “Kita harus melakukan kunjungan ke rumah siswa, terutama untuk siswa yang selama pembelajaran daring tidak aktif. Kita harus tau apa kendalanya, tidak bisa kita hanya menunggu hasil belajar siswa tetapi kita tidak peka terhadap kondisi yang sebenarnya terjadi dirumah mereka masing masing,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan Home Visit ini adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan. “Dalam kunjungan ini kami menemukan berbagai keluhan orang tua. Dari 6 Siswa yang kami kunjungi rata-rata mereka tidak memiliki alat atau media untuk pembelajaran online dan beberapa diantara terkendala jaringan, “pungkasnya.

Untuk menanggulangi permasalahan itu kami membuat dua proses pembelajaran secara daring dan pembagian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) bagi siswa yang terkendala jaringan dan kurangnya sarana prasarana . Kami berharap dengan adanya Home Visit dan pembagian LKPD proses pembelajaran bisa berjalan maksimal dengan partisipasi siswa mencapai 100 % dan yang lebih penting adalah mebina kedekatan hubungan baik antara Wali Murid dengan Madrasah. (ak)