MTs N 1 Banjarenagara Persiapkan Pesantren Ramadhan

Banjarnegara – Memasuki bulan Ramadhan 2021, MTs N 1 Banjarnegara akan gelar persiapan Pembelajaran di Bulan Ramadhan yang diikuti oleh seluruh Guru beserta staff jajarannya.

“Assalamu'alaikum wr.wb. Mohon kehadirannya untuk briefing persiapan Pembelajaran di Bulan Ramadhan siang ini jam 12.30 wib di aula Madtsansa,” pesan Yuni selaku Wak Kurikulum.

Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 setengah jam pada hari Sabtu, (10/4) bertempat di Aula MTs N 1 Banjarnegara. Waka Kesiswaan, Yuni menyampaikan bahwa para guru akan menyiapkan pembelajaran di Bulan Ramadhan 1442 H.

“Saya selaku Waka Kurikulum menyampaikan informasi terkait perencanaan pembelajaran jelang Ramadhan 1443 H,” ujar Yuni.

Perlu diketahui, MTs N 1 Banjarnegara juga akan kembali masuk setelah selesainya pelaksanaan Ujian Madrasah beserta PTS/PAT pada tanggal 15 April 2021 mendatang. Para siswa/siswi akan kembali memasuki pembelajaran baru di bulan suci Ramadhan, salah satu kegiatannya adalah Pesantren Ramadhan.

“Untuk materi Pesantren Ramadhan akan diisi oleh beberapa guru MTs N 1 Banjarnegara, dan akan dilaksanakan secara daring mengingat pandemi covid-19. Dan selanjutnya untuk tanggal 19 April 2021 akan diadakan sistem PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dengan menggunakan system sifting,” ungkap yuni

Kemudian untuk pembelajaran di bulan suci Ramadhan, MTs N 1 Banjarnegara akan menggunakan jam operasional dari jam 08:30 sampai 11:00 WIB. dimana pada pukul 08:30 akan dilaksanakan salat dhuha berjamaah, itupun dengan menggunakan protokol kesehatan. Selanjutnya untuk waktu 08:30-09:15 WIB akan dilaksanakan kuliah ramadhan. Untuk istirahat akan ditempatkan pada pukul 09:30-10:30 WIB. Sampai di waktu 11:00 WIB para siswa/siswi melaksanakan ngaji mandiri terbimbing yang akan dipantau oleh beberapa guru MTs N 1 Banjarnegara.

Selain itu, dalam satu bulan ini, kegiatan pembelajaran akan ada 4 tugas yang wajib dilaksanakan oleh siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara. Salahsatunya, siswa/siswi akan melakukan kegiatan praktik wudhu. Dimana, pelaksanaan tersebut didokumentasikan melalui sebuah video. Selanjutnya akan ada praktik tayamum, kemudian membuat kliping terkait pembelajaran selama bulan suci ramadhan, dan yang terakhir siswa/siswi membuat laporan kegiatan dirumah atau dimasyarakat selama satu bulan penuh.

Mengakhiri briefing persiapan Pembelajaran di Bulan Ramadhan di Aula MTs N 1 Banjarnegara, Kepala Madrasah, Zaenal juga menyampaikan bahwa tidak terasa saat ini  kita memasuki bulan ramadhan 2021 (1442 H). “Di bulan Suci ini mudah-mudahan kami semua yang ada disini baik yang hadir atau yang berhalangan hadir diampuni dosanya. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan,” ujar Bapak Zaenal saat mengakhiri briefing persiapan Pembelajaran di Bulan Ramadhan. (risky/ak)