MTs N 1 Banjarnegara Adakan Lomba Menulis Berita, Perhatikan Ketentuan Lombanya

Banjarnegara – Dalam rangka menjaring siswa yang berbakat dalam menulis serta menumbuhkan minat baca agar terhindar dari berita hoax, MTs N 1 Banjarnegara mengadakan lomba menulis berita yang dapat diikuti seluruh peserta didik baik kelas VII, maupun kelas VIII.

Adapun objek yang dijadikan berita adalah peristiwa yang terjadi di lingkungan MTs N I Banjarnegara sesuai dengan tanggal yang ditetapkan. Kemudian, Yang diangkat menjadi berita adalah peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 Mei s/d 12 Juni 2021. Peserta boleh memilih sendiri salah satu peristiwa yang terjadi sesuai tanggal yang ditetapkan.

Untuk kelengkapan, berita harus berisi judul berita, isi berita, dengan diberi identitas diri yang jelas (Nama dan Kelas). Kemudian untuk panjang naskah minimal 150 kata. Selanjutnya, berita harus orisinil yang diketik sendri oleh siswa. Tidak hanya itu, dalam penilaian penulisan berita yang dibuat oleh peserta didik MTs N 1 Banjarnegara adalah kelengkapan isi (Terdiri dari unsur 5W+1H), keseuaian isi, sistematika, ejaan dan tanda baca.

Perlu diperhatikan bahwa, Tanggal pengiriman berita dimulai dari 24 Mei s/d 12 Juni 2021. Dan peserta lomba adalah semua siswa MTs Negeri I Banjarnegara (Semua siswa MTS wajib mengikuti lomba). Kemudian, untuk pengiriman karya dapat dikirim melalui alamat pengiriman berita pada google form http://bit.ly/LOMBA_NASKAH_BERITA_MTSN1BARA.

Nampaknya kegiatan lomba menulis berita ini disambut baik oleh siswa MTs N 1 Banjarnegara, mereka tampak bersemangat untuk menampilkan kemampuan terbaiknya dalam menulis. Azalia Yonanda Putri, salah satu peserta dan juga Ketua OSIM MTs N 1 Banjarnegara, tampak begitu antusias untuk mengikuti lomba ini, menurut penuturannya baru kali ini di sekolah diadakan lomba menulis berita, sehingga ia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan baik ini.

Salah satu juri lomba, Rustiana menuturkan, lomba ini diadakan untuk menjaring anggota tim website dari kalangan siswa, sehingga mereka juga punya kesempatan untuk berkontribusi dalam penulisan berita di website sekolah khususnya MTs N 1 Banjarnegara.

“Mereka yang ikut lomba menulis berita ini, memang secara umum punya bakat dan gemar menulis, sehingga semangat mereka ikut lomba benar-benar luar biasa,” pungkas  perempuan yang juga mengajar mapel Bahasa Indonesia. (risky/ak)