Muhammad Hidayat Tularkan Materi Moderasi Beragama Kepada Peserta Matsama MTsN 2 Banjarnegara

Banjarnegara – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Banjarnegara menggelar Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 18 Juli sampai 20 Juli 2023. Dalam prosesnya, siswa tidak hanya dikenalkan tentang lingkungan sekolah, tapi juga pentingnya moderasi beragama.

Materi moderasi beragama diisi oleh Muhammad Hidayat Abdullah selaku guru akidah akhlak di MTsN 2 Banjarnegara. Sebelum menjelaskan materi moderasi beragama kepada peserta matsama Pak Dayat sapaan akrabnya lebih dulu mengikuti pelatihan moderasi beragama di balai diklat Semarang selama 6 hari.

“Materi moderasi beragama agama ini sangat penting bagi anak-anak madrasah apa lagi mereka adalah penerus masa depan, sehingga saya sangat menginginkan apa yang sudah saya dapat dalam pelatihan saya ajar dan sampaikan kepada siswa-siswa saya ini,” ucap Dayat, Dikutip Kamis (21/07).

Dalam kegiatan matsama Dayat menjelaskan maksud dari modernisasi beragama salah satunya yaitu saling menghormati perbedaan dan pendapat pada agama yang berbeda, maupun masih satu agama, namun beda pemahaman. Serta tak perlu dijadikan bahan saling mengejek, apalagi sampai harus menimbulkan kekerasan dan konflik. 

Surya Widi Perkosa selaku panitia matsama sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Muhammad Hidayat Abdullah.

“Materi yang sangat bagus karena ini sering terjadi di lingkungan tempat tinggal kita, dan anak-anak harus diajarkan sejak dini, pemahaman yang baik, sikap saling menghormati perbedaan dan budaya yang ada di sekitar kita, itu harus tertanam pada diri siswa,” ucapnya. (ib/ak) 

Bagikan :
Translate »