Pembinaan DWP MTsN 3 Banjarnegara dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Banjarnegara – Dharma Wanita Persatuan (DWP) MTsN 3 Banjarnegara mengadakan pertemuan rutin. Pertemuan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Ketua DWP yang baru, Kundaryati. Adapun susunan acara Dharma Wanita diantaranya yaitu, pembukaan, menyanyikan lagu mars Dharma Wanita dan mars Perwanida, kultum, pembinaan, dan kegiatan. Acara yang dipandu oleh Vina Fauzyana, S. Pd.  ini diawali dengan pembacaan ummul kitab dan dilanjutkan dengan lagu wajib Dharma Wanita dan mars Perwanida, Kamis (01/04).

Dalam sambutan dan pembinaannya, Kundaryati selaku ketua DWP memperkenalkan diri sebagai Ketua Dharma Wanita MTs Negeri 3 Banjarnegara yang baru dan berharap agar pertemuan tersebut dapat meningkatkan kekeluargaan sesama anggota. “Pertemuan Dharma Wanita kita harapkan tetap menjadi media untuk mempererat silaturahmi. Khususnya silaturahmi sesama anggota di madrasah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut beliau mengingatkan tentang program DWP berupa “jumat bersih” harus tetap dilaksanakan dengan selain menjadikan kebersihan di lingkungan madrasah juga dapat mencegah munculnya penyakit akitab kurang bersihnya madrasah, dan juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar warga madrasah,

“dalam program jumat bersih nanti diharapkan juga adanya kegiatan penanaman toga yaitu tanaman obat keluarga, jadi di lingkungan madrasah tidak hanya ada tanaman hias saja tapi juga ada tanaman obat keluarga yang manfaatnya selain sebagai sarana penghijauan juga sebagai sarana obat secara herbal atau alami,” tambahnya.

Ida Puspitarini, selaku narasumber menerangkan tentang 20 Manfaat Daun Kelor sebagai toga.

“Diantara manfaat daun kelor yaitu 1. Mengobati rematik, 2. Anti kangker, 3. Menurunkan kolestrol dan tekanan darah, 4. Mengatasi diabetes, 5. Kaya antioksidan, 6. Baik untuk mata, 7. Baik untuk ibu menyusui, 8. Memperlambat penuaan, 9. Menstabilkan mood, 10. obat cacingan, 11. Mengurangi peradangan, 12. Menangkal kuman, 13. Menghilangkan fleks di wajah, 14. Sumber vitamin C, 15. Menyehatkan ginjal, 16. Menjaga berat badan, 17. Memelihara kecantikan kulit wajah, 18. Menjaga kesehatan otak, 19. Memproteksi jantung, dan 20. Menguatkan tulang,” jelasnya.

Beliau berharap dengan mengetahui 20 manfaat dari daun kelor tersebut semoga bisa melestarikan dan memanfaatkan daun kelor yang sekarang ini dianggap sebelah mata tapi manfaatnya luar biasa,” pungkasnya. (ar/ak)