Penyuluh Islam Karangkobar Sampaikan Keutamaan Bulan Syaban

Banjarnegara – Pimpinan Ranting Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Desa Gumelar, Kecamatan Karangkobar meggelar pengajian rutinan tiap Jumat. Kegiatan rutinan atau selapanan ini bertempat di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Mubin Desa Gumelar Kecamatan Karangkobar pada hari Jumat wage (19/03).

Adapaun Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari sholawat albarzanji, membaca ayat Al- Quran, musyawarah dan tausiyah. Turut hadir dalam acara ini penyuluh agama Islam KUA kecamatan Karangkobar Duwi Rohmah, Tri Usiawati dan Kaono.

Penyuluh Islam Non PNS KUA Kecamatan Karangkobar, Kaono dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas kami sebagai penyuluh untuk memfasilitasi majelis-majelis ilmu yang ada di Kecamatan Karangkobar. “Kami sebagai Penyuluh Agama telah diamanati oleh Pemerintah lewat Kementerian Agama untuk membina masyarakat, juga dalam hal lain misalnya urusan wakaf, TPQ ataupun lainnya kami siap membantu,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Duwi Rohmah, penyuluh agama Islam fungsional KUA Kecamatan karangkobar menyampaikan bahwa saat ini sudah masuk bulan syaban, bulan yang penuh ibadah.

“Dengan memasuki bulan Syaban berarti sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu, sangat dirindukan oleh umat muslim. Untuk menyambut bulan yang sangat istimewa ini tentu kita butuh persiapan.  Persiapan bulan Ramadhan ada banyak hal mulai dari persiapan secara jasmani (kesehatan), persiapan iman (banyak-banyak beribadah) dan juga persiapan harta (untuk bersedekah),” terangnya.

Dalam acara ini, beliau juga mengingatkan bahwa saat ini masih dalam situai pamdemi Covid-19. Oleh karenanya tetap wajib untuk menjaga protokol Kesehatan.

“Dalam keadaan seperti sekarang ini, masih dalam wabah corona kita tentu harus selalu menjaga kesehatan kita. Selain dengan makan-makanan bergizi seimbang dan olah raga, juga selalu melaksanakan protokol kesehatan. Dengan persiapan-persiapan yang kita lakukan tentunya kita berharap bisa melaksanakan ibadah pada bulan Ramadhan dengan lancar dan khusyuk,” tambahnya.

Acara rutinan jumat wage ini diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia. (dw/ak)