Penyuluhan Narkoba Peserta LDK OSIM MTs N 1 Banjarnegara, Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja

Banjarnegara – Kenakalan remaja perlu ditanggulangi sejak dini. Maraknya kenakalan remaja yang terjadi pada generasi milenial saat ini sangat memprihatinkan. Salah satu bentuk kenakalan remaja yaitu penyalahgunaan narkoba.

Tidak hanya narkoba, penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan dextromethorphan berlebihan juga memberi efek bahaya. Efek yang ditimbulkan berupa sensasi “keluar dari tubuh” atau sering dikenal dengan istilah sakau, terjadi halusinasi, paranoia, hingga perilaku agresif.

Pentingnya penyuluhan narkoba ini disampaikan oleh Ardian selaku guru BK MTs N 1 Banjarnegara kepada peserta LDK OSIM MTs N 1 Banjarnegara (10/4) bertempat di Aula Madrasah.

Diawali dengan penyajian film pendek penyalahgunaan narkoba sebagai pengantar materi. Dengan melihat film pendek ini peserta LDK turut menganalisis bagaimana bahaya narkoba bagi tubuh manusia. Ditandai dengan perilaku yang tidak wajar seperti berbicara sendiri di luar kesadaran, tingkah yang tidak wajar di luar kendali diri, hingga perbuatan-perbuatan tidak baik yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Beberapa kasus penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja ini disebabkan beberapa faktor. Diantara penyebabanya karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, pengaruh lingkungan dan pergaulan, kontrol diri yang lemah tanpa pendampingan keluarga, pola asuh yang salah, keinginan coba-coba, konflik yang tidak terselesaikan, dan tuntutan yang terlalu tinggi.

Ardian memberikan beberapa tip supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja. “Beberapa tip tersebut yaitu taat beribadah, terbuka pada keluarga, dan menghindari pergaulan yang merugikan,” jelasnya.

Peran keluarga sangat penting dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja terutama bapak dan ibu. Selain itu, peran guru di sekolah atau madrasah juga penting karena guru merupakan orang tua di lingkungan sekolah atau madrasah. Kerja sama yang baik sangat diperlukan untuk mendidik dan membimbing siswa-siswi yang masih membutuhkan banyak arahan.

“Saya mengimbau siswa-siswi MTs N 1 Banjarnegara untuk berhati-hati dalam memilih teman dalam pergaulan. Kontrol diri sangat diperlukan juga di bawah bimbingan orang tua baik di rumah maupun di sekolah. Saya sangat mewanti-wanti mereka untuk jangan pernah coba-coba terhadap narkoba mengingat bahaya efek yang ditimbulkan,” ucap Ardian. (Rizki/mnh)