PMR WIRA MAN 1 Banjarnegara Adakan LARUT di Masa Pandemi

Banjarnegara – Di masa pandemi ekstrakurikuler PMR Wira MAN 1 Banjarnegara tetap melaksanakan latihan rutin (LARUT) setiap hari Kamis selepas kegiatan belajar. Hal ini sesuai dengan program kerja, PMR melaksanakan latihan rutin dengan materi teori dan praktik. Sigit Sugiyanto, Pembina PMR dalam keterangannya menyampaikan bahwa salah satu materi latihan rutin adalah membalut.

“PMR sebagai salah satu kekuatan PMI mempunyai peranan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dalam bidang kesehatan dan siaga bencana alam. Oleh karena itu anggota PMR harus dibekali pengetahuan dan praktik tentang P3K,” jelas Sigit

“Materi latihan hari ini adalah materi membalut. dengan tujuan untuk menutupi luka agar tidak terkena cahaya, kotoran dan debu yang dapat mengakibatkan iritasi,” lanjutnya

Latihan rutin dimulai dengan menyampaikan  tujuan dan memotivasi kemudian siswa diberi masalah yang kontekstual dan memecahkannya secara  kelompok. Tiap-tiap kelompok  untuk mendemonstrasikan dan mempresentasikannya.

“Banyak sekali manfaat pembalutan. Selain mencegah luka dari iritasi juga dapat menghindari  luka dari sinar matahari langsung. Jika luka tidak segera ditangani dengan baik maka akan dapat menjadi masalah yang serius. Salah satunya adalah dengan dibalut,” jelas  Meilani  Tri Maulidah anggota PMR Wira.

Selain latihan rutin, PMR Wira melaksanakan kegiatan sosial seperti pengumpulan bantuan untuk membantu korban bencana alam, baksos ke rumah-rumah yatim dan panti asuhan,gerakan kebersihan lingkungan, diklat dan pelatihan kesehatan. (swh/ak)