Purna Tugas Kantor, Hakikatnya Hanya Berpisah Dalam Pekerjaan

Banjarnegara – Hari senin ini (31/08) menjadi moment rasa syukur H. Masdiro yang telah mendarma baktikan tugas di Kementerian Agama sekitar 37 tahun. Hal ini ditandai dengan keluarnya SK Purna Tugas dari Kementerian Agama RI terhitung sampai 1 September 2020.

Momen tersebut di tandai dengan seremonial sederhana di Aula Kantor. Mengundang Bank mitra Kemenang Banjarnegara, Ketua Ormas Islam, FKUB, Ketua MUI dan 31 undangan keluarga Kemenag, dan berkenan hadir Bupati Banjarnegara, H. Budhi Sarwono dan Setda Banjarnegara. H. Indarto.

Kasubbag TU, H. Sumarna saat sambutan mengucapkan selamat atas purna tugas menjadi ASN Kementerian Agama,  dan Alhamdulillah tanpa cela sampai akhir jabatan. “Terima kasih telah membimbing, mengarahkan, mengayomi dan meneladani dalam pelaksanaan tugas, khususnya di Kankemenag Banjarnegara,” ucapnya.

H. Masdiro melewati perjalanan menjadi ASN sejak Maret tahun 1983 yang awal penempatan di Kantor Departemen Agama Kabupaten Wonosobo. Tahun 1992 melaksanakan tugas pulang ke Banjarnegara sampai tahun 2013 awal yang selanjutnya menjabat menjadi Kankemenag Kabupaten Sukoharjo sampai tahun 2017.

“Tahun 2017 dipindah tugaskan kembali menjadi Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, sampai hari ini purna tugas, “ ucap Masdiro saat menceritakan perjalanan menjadi ASN.

Beliau ucapkan terima kasih atas segala bantuan, dengan segala bentuknya saat menjabat di Kankemenag Banjarnegara. Atas bantuan yang diberikan semoga menjadi amal yang baik di sisi Allah SWT, dan di amini undangan yang hadir

Salah satu kado manis saat usai pengabdian dengan selesainya Audit Kinerja 2.20 yang mendapatkan nilai membanggakan berupa peringat 2 se Jawa Tengah. “Bersyukur masa purna tugas,  menjadi ringan beban, Semoga kinerja yang sudah baik bisa di lanjutkan agar lebih baik lagi,” pesannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada per-bankan yang menjadi mitra layanan Kementerian Agama atas kerjasamanya. Ormas Islam yang tetap menjaga kondursifitas keagamaan di Banjarnegara yang bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Juga kepada Para Pejabat, Kasi-Penyelenggara, Kepala Satker, Kepala KUA serta Dharmawanita dan Perwanida yang eksis dalam kegiatan-kegiatan baik internal maupun eksternal kantor.

“Semoga yang kerjasama dan perjuangannya selalu dijaga dan selalu menuju kerjasama yang berkah lahir dan batin,” tambahnya.

Tidak ketinggalan ucapan permintaan maaf atas segala salah dan khilaf selama menjadi keluarga dan menjabat menjadi Kepala Kantor. Terakhir mohon doanya diberikan kesehatan, dan panjang umur usai purna tugas, dan tetap menjadi keluarga dalam kehidupan sosial, pungkasnya.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat, dan menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pengabdian, kerjasamanya dan dharmabhaktinya bagi masyarakat Banjarnegara, “Semoga yang telah dikerjakan menjadi amal ibadah,” tandasnya.

“Tetap jaga silaturrohmi karena hakikatnya pensiun/ purna tugas  adalah berpisah pekerjaaan bukan silaturrohmi,” tutur Budi.

H. Muhammad Syafi dalam kesan dan pesan menuturkan bahwa saat Masdiro menjabat menjadi Kepala Kantor, diantaranya adalah ide jabat tangan usai apel yang sebelumnya tidak ada, sebelum adanya corona. Selalu “hati-hati ” dalam masalah agama dan hukum dengan bertanya pada ahli juga perpedoman pada hukum Islam dan tidak melanggar hukum UU dan syariah.  

Diakhir acara diserahkan SK Plt. Kankemenag kepada Kasubbag TU, Sumarna dan dilanjutkan dengan ramah tamah.(Nangim)