Senam Pagi MTs 1 Banjarnegara

Sambut Haornas 2021 MTs Negeri 1 Banjarnegara Laksanakan Senam Sehat

Banjarnegara – Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Setiap tahunnya, Haornas dirayakan dengan  tema-tema berbeda guna meningkatkan rasa sportifitas masyarakat di Indonesia. Tema haornas tahun ini tentu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju” menjadi tema haornas tahun ini. Hal ini disampaikan melalui akun instagram resmi Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Sudah sepatutnya para jajaran pendidikan turut mendukung dan memeriahkan Haornas tahun ini. Salah satu upaya apresiasi haornas ini adalah dengan olahraga.

Jumat, 10 September 2021 seluruh guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara (Madtsansa) melaksanakan senam sehat bersama. Senam sehat ini sebagai bentuk apresiasi keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara pada perayaan Haornas 2021. Keceriaan dan semangat guru dan karyawan turut serta mewarnai senam sehat ini. Dengan berseragam ungu, guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara antusias mengikuti senam sehat yang dimulai pukul 07.30-08.00. Olah raga yang dilaksanakan di halaman sekolah ini yaitu senam aerobik. Gerakan yang lincah dan enerjik ini dipandu oleh Asih Wijayanti, salah satu guru di MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Pelaksanaan senam aerobik ini sesuai dengan arahan dari kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara Eko Wiodo. Sebelum senam dilaksanakan, pada pukul 07.00 diadakan apel pagi yang juga diikuti oleh guru dan karyawan madtsansa. “Mari setelah apel ini kita bersama-sama melaksanakan senam aerobik untuk lebih sehat rohani dan sehat jasmani,” ajaknya.

“Waktu 1 jam seperti ini adalah momen langka sejak pandemi. Biasanya kita hanya duduk-duduk saja di tempat kerja, sekarang kita bisa berolah raga ria meskipun masih harus banyak menghapal gerakannya. Dan akhirnya di pagi ini kita semua berhasil berkeringat.” kelakar Tri Rochani, salah satu peserta senam.

Olah raga senam aerobik ini sebagai upaya para guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Sejalan dengan slogan “Di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, senam aerobik ini diharapkan mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran sehingga para guru karyawan Madtsansa bisa lebih semangat menjalankan tugas-tugasnya.

Asih sebagai instruktur senam merasa senang dengan antusias para guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Senang sekali saya bisa membersamai teman-teman guru dan karyawan di sini sebagai instruktur senam. Sudah sekian lama kita tidak mengadakan kegiatan seperti ini, jadi ini adalah momen membakar lagi semangat teman-teman untuk berolah raga. Selain itu, olah raga senam aerobik ini semoga bisa lebih menyehatkan baik rohani maupun jasmani teman-teman, dan menambah semangat dalam menjalankan tugas-tugas kita,” tutur Asih.

Semangat menyambut dan memeriahkan Haornas 2021 semoga menjadi semangat baru para guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Diharapkan kegiatan senam ini bisa diadakan rutin sehingga semakin sehat dan bugar para guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Semangat sehat dan semangat mendukung Indonesia maju tetap dengan jargon “Madtsansa Mendunia!” (rin/ak)