Sambut Ramadhan, MTs N 1 Banjarnegara Gelar Kajian Kitab Arbain Nawawiyah.

Banjarnegara – Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, MTs N 1 Banjarnegara melaksanakan kegiatan kajian pagi pada hari Sabtu, (17/4) pukul 07:00 WIB sampai jam 08:00 WIB di Aula madrasah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para guru serta karyawan MTs N 1 Banjarnegara.

Meskipun dalam kondisi yang terbatas akibat pandemi, kegiatan kajian tetap harus berjalan dengan lancar, serta semangat dalam menyambut datangnya Ramadhan.

Pada acara ini, tausiyah diisi oleh Abdul Majid. Perlu diketahui, beliau telah sering mengisi kajian – kajian di madrasah maupun masyarakat umum. Dirinya juga pengampu mapel Bahasa Arab di MTs N 1 Banjarnegara.

Majid mengatakan kegembiraan dalam menyambut Ramadhan. “Sebab Ramadhan merupakan salah satu wujud keimanan, dan sudah seharusnya setiap muslim bersuka cita dengan datangnya bulan penuh ampunan tersebut,” ungkapnya

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan mengenai Kitab Arbain Nawawiyah. “Kitab ini merupakan Hadits yang bersumber dari ajaran Islam kedua setelah Al-Qur’an. Keberadaan Kitab  Arbain Nawawiyah merupakan penjelas terhadap apa yang ada dalam Al Qur’an.  Peranan hadits semakin penting jika didalam ayat-ayat Al Qur’an tidak ditemukan suatu ketetapan, maka hadits dapat dijadikan dasar hukum dalam dalil-dalil keagamaan,” ujarnya saat menyampaikan kajiannya

Di akhir tausiyahnya, Majid menjelaskan dari empat puluh dua hadits tersebut tampak bahwa kitab Arbain Nawawi merupakan kumpulan hadits yang didalamnya merupakan pondasi agung dalam agama Islam atau arahan untuk umat Islam menuju menggapai jalan menuju Ilahi. Yang perlu digarisbawahi dalam kitab ini adalah pilihan hadistnya yang shahih semua dan mencakup segala urusan dan kebutuhan umat Islam baik di dunia maupun akhirat baik dari aqidah, hukum, muamalah, syari’ah, dan akhlak. (risky/ak)