Soal HOTS Buat Peserta Didik Lakukan Analisa Sebelum Menjawab

Banjarnegara – MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok pada Sabtu, (10/4), mengadakan Bimtek Penyusunan Soal HOTS, sesuai arahan Kepala Madrasah A. Mukiban terkait pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas 7 dan 8 yang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2021. Bimtek dilaksanakan di Aula Madrasah dan diikuti oleh semua guru dari MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi yang pertama disampaikan Kasi Dikma Kemenag Banjarnegara -Slamet Wahyudi menyampaikan materi Tata Kelola Pembelajaran. “Setiap komponen madrasah, setiap guru dan pegawai mempunyai tugas dan fungsi yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran di madrasah,” tuturnya.

Sedangkan materi yang kedua disampaikan Pengawas madrasah Nur Laela Isnaeni, yang memaparkan implementasi penilaian yang HOTS (High Order Thinking Skills). 

“Soal HOTS tidak sama dengan soal yang sulit tetapi soal yang membuat peserta didik menganalisis sebelum menentukan jawaban yang tepat. Hal ini berbeda dengan soal yang bersifat LOTS yang mengandalkan sekedar recall / hafalan,” ujarnya.

Usai istirahat,  dilanjutkan dengan praktek penyusunan soal HOTS, yang dipandu oleh Rasimun selaku Waka Kurikulum MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok. Praktek penyusunan diawali dengan materi tentang kriteria soal yang baik dan contoh soal yang HOTS. Kemudian dilakukan praktik analisis KD, merumuskan IPK, pembuatan kisi – kisi dan pembuatan kartu soal. (Latif/mnh)