USBN Titik Kulminasi Proses Pembelajaran PAI

Ujian  merupakan upaya untuk mengukur  hasil proses pembelajaran. Kegiatan bisa sebagai  tolak ukur keberhasilan pendidikan yang diajarkan, tidak terkecuali Pendidikan Agama  Islam  (PAI) di sekolah.  Kebijakan dan regulasi  pendidikan bergulir dengan  cepat,  disini berpengaruh pada jenis dan  cara  pelaksanaan  ujian.  Untuk  PAI ujian yang diberlakukan dikenal dengan nama  Ujian Sekolah Berstandar  Nasional.

Guna mempersiapkan USB PAI tersebut,  Selasa  kemarin (31/01) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan Rapat Koordinasi. Kegiatan bertujuan untuk mempersiapkan USBN PAI agar lancar,  sukses dan berhasil. Demikian disampaikan Sumarna dalam laporan kegiatan diharapakan 107 peserta  yang terdiri dari KUPT  Dindikpora kecamatan, Pengawas PAI, MKKS SMP/SMA/SMK,  Pengurus KKG sekabupaten Banjarnegara.

“Sukses dan berhasilnya pelaksanaan USBN tidak  terlepas dari kerjasama  dari semua pihak. Di  sini tidak bisa berjalan sendiri-sendiri”, tegas Sukarno, selaku Plt. Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara  pada sambutan pembinaanya. 

USBN PAI sejauh mana di tingkatkan apakah sudah sesuai dengan standar isi,  standar lulusan dan standar kompetensi.  Sebagai seorang guru senantiasa meningkatkan kompetensi guru yang  mana informasi dan cepatnya  perubahan dunia pendidikan untuk diantisipasi. Sukarno berpesan agar rakor dilaksanakan sebaik-baiknya, di mana  hasil baik dari yang terbaik  bisa didapatkan.

Senada dengan Kakankemenag, Kepala  Dindikpora yang diwakili  Kasi Sekmen Aziz berharap kegiatan kulmintasi proses pendidikan berupa  ujian untuk  bisa dicermati. Skenario dari ujian dan regulasi yang ada  terkait ujian untuk disikapi secara positif. Aturan pembuatan kisi dan soal-soal ujian sudah ditetapkan. Dari pusat sudah 25% dan daerah disepakati sebesar 75%. (Nangim).